Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganMijen

Sosialisasi Program Pasar Rakyat Indonesia (PARI) dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Program Pasar Rakyat Indonesia (PARI) adalah Platform aplikasi digital marketplance yang diluncurkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan tujuan utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Indonesia, khususnya masyarakat pedesaan. Pada hari kamis tanggal 14-September 2023 di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) kecamatan Mijen bersama petugas unit BRI kecamatan Mijen mengadakan sosialisasi program Pasar Rakyat Indonesia dari BRI, Program ini bertujuan untuk membantu pelaku usaha kecil dan mikro (UKM) serta petani agar dapat memasarkan produk-produk mereka secara lebih efektif dan efisien.

Program PARI memiliki beberapa tujuan utama yaitu untuk meningkatkan pendapatan masyarakat pedesaan dengan membantu mereka dalam memasarkan produk-produk lokal mereka, Mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah pedesaan dengan menciptakan akses lebih mudah ke pasar-pasar lokal dan nasional, memperkenalkan teknologi digital kepada pelaku UKM dan petani sehingga mereka dapat memanfaatkannya dalam mengembangkan usaha mereka.

Pertemuan tersebut dihadiri BRI Pusat, BRI Unit Mijen, PPL  Kecamatan Mijen, Perwakilan petani dan Perwakilan pedagang. keuntungan memakai aplikasi  PARI ini dapat mempercepat  dan mempermudah transaksi penjualan. Selain itu aplikasi ini memberikan fasilitas  dana talangan bagi penggunanya yang bebas bunga atau  bebas biaya administrasi.

Program Pasar Rakyat Indonesia (PARI) dari BRI adalah langkah yang sangat positif dalam mendukung perekonomian masyarakat Indonesia, terutama di daerah pedesaan. Melalui inisiatif ini, BRI telah membantu pelaku UKM dan petani untuk meningkatkan pendapatan mereka, mengembangkan usaha mereka, dan memanfaatkan teknologi digital. Dengan terus berlanjutnya program ini, diharapkan akan ada peningkatan yang signifikan dalam kesejahteraan masyarakat pedesaan dan pertumbuhan ekonomi lokal di seluruh Indonesia. (Anjar Prasetyo Adhi, BPP Kecamatan Mijen)

Bagikan