Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganWonosalam

SURVEY LOKASI PENGERUKAN AVOUR DI DESA KARANGROWO KECAMATAN WONOSALAM

Wonosalam – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak melalui Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Wonosalam pada hari Kamis 18 Januari 2024 melakukan kegiatan survey lokasi yang akan dilakukan pengerukan sungai avour. Kegiatan tersebut dilakukan oleh Korluh BPP Wonosalam Deni Hestina,S.Pt didampingi PPL Wonosalam Hesti Cahyanto,SP serta Perangkat Desa setempat.

Avour adalah salah satu system drainase yaitu untuk mengalirkan air menuju ke hilir atau daerah tempat berakhirnya sebuah aliran sungai. Di Kecamatan Wonosalam sendiri juga terdapat Sungai Avour, salah satunya di Desa Karangrowo.  Di tahun 2024 ini akan dilakukan normalisasi saluran air atau pelebaran sungai dengan melakukan pengerukan lumpur di sepanjang sungai di kawasan sungai avour Desa Karangrowo. Pengerukan tersebut berkaitan dengan penanganan banjir di kawasan Kecamatan Wonosalam.

 “Pengerukan avour ini merupakan upaya agar air bisa mengalir dengan baik, sehingga ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi tidak sampai meluber ataupun terjadi banjir”, ungkap Deni.

Sumber: BPP Kecamatan Wonosalam

Bagikan