Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganKaranganyar

APLIKASI “ i-PUBERS” MUDAHKAN PETANI MENEBUS PUPUK

Kamis (18 Januari 2023) bertempat di ruang pertemuan BPP Kecamatan Karanganyar dilaksanakan Sosialiasi Aplikasi i-Pubers oleh pihak PI (Pupuk Indonesia) kepada seluruh KPL di Kecamatan Karanganyar yang berjumlah 38 KPL (Kios Pupuk Lengkap). Sosialisasi ini dilakukan atas kerja sama antara pihak PI dengan BPP Kecamatan Karanganyar untuk menjamin kelancaran penyaluran pupuk bersubsidi di Kecamatan Karanganyar pada khususnya.

i-Pubers merupakan hasil “perkawinan” antara t-Pubers (Tebus Pupuk Bersubsidi) yang dimiliki Kementan dengan aplikasi REKAN dari Pupuk Indonesia. Aplikasi itu mengintegrasikan data penerima pupuk subsidi di e-alokasi dengan data stok pupuk yang ada di Pupuk Indonesia. Dengan digitalisasi ini, petani tinggal datang ke kios pupuk resmi dan menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP). Data-data mengenai alokasi, jenis komoditi dan lain-lain, semua sudah tercatat dalam sistem.

Dalam sosialisasi ini peserta antusias dalam menerima penjelasan dari pihak PI namun tidak sedikit yang mengeluh karena dirasakan aplikasi ini rumit dalam pengaplikasiannya nanti di lapangan. Pada dasarnya dengan aplikasi ini adalah memudahkan petani dalam menebus pupuk subsidi karena pengalaman di lapangan banyak petani tidak dapat menebus pupuk subsidi karena terkendali alat tebusnya yaitu kartu tani entah itu hilang, kartu tidak aktif, terblokir dan lain-lain. Sehingga dengan adanya aplikasi I –Puber ini diharapkan masalah yang timbul tersebut dapat diminimalisir dan penyaluran menjadi lancar sehingga usaha tani berhasil baik dan mengahsilkan panen yang optimal. Sementara manfaat lain bagi pemerintah juga dapat meminimalisir risiko penyimpangan atau pupuk diterima oleh orang yang tidak berhak.

Sumber: BPP Kecamatan Karanganyar

Bagikan