Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganMijen

KOORDINASI CALON PENERIMA MANFAAT BANTUAN PEMERINTAH COMBINE HARVESTER BESAR (CHB) DI LOKASI PERTANIAN TERDAMPAK BANJIR

Mijen – Korluh BPP Kec. Mijen Aji Riyanto, S.Pt beserta rombongannya, Ririn Vitriasari, S.E. Kades Ngelowetan dan Kelompok Tani Ngudi Makmur melaksanakan Koordinasi terkait bantuan Combine Harvester Besar. Kegiatan tersebut bertempat di Balai Desa Ngelowetan Kec. Mijen Kab. Demak Prov. Jawa Tengah, Rabu (21/02/2024).

Bantuan Alsintan berupa combine harvester besar merupakan bantuan dari pemerintah untuk calon penerima manfaat Poktan Ngudi Makmur di lokasi pertanian yang terdampak banjir.

Lahan padi yang terdampak banjir di Kabupaten Demak termasuk di lahan padi poktan Ngudi Makmur Desa Ngelowetan Kecamatan Mijen mengakibatkan tanaman padi yang semula akan panen di waktu yang semestinya, namun dilakukan panen cepat atau panen paksa karena lahan padi yang terendam oleh banjir.

Aji Riyanto, S.Pt menjelaskan ” Penyerahan bantuan CHB rencananya nanti secara simbolis di Dinas Pertanian dan Pangan, bantuan CHB ini memang untuk lahan padi yang terdampak banjir. Setelah CHB ini turun yang penting bagi poktan agar bisa mengelola dengan baik dan dipergunakan dengan semestinya. Dengan bantuan ini, para petani di Desa Ngelowetan bisa merasakan manfaatnya khususnya poktan Ngudi Makmur”.

“Alhamdulillah dengan adanya CHB ini para petani bisa merasakan manfaat penggunaannya sehingga mampu memperhemat pengeluaran saat panen. Kedepannya nanti akan kami bentuk pengelolaan yang baik serta bijak, tertib administrasi dan pemakaian” terang H. Fahrozi selaku ketua Poktan Ngudi Makmur.

Ririn Vitriasari, S.E. menambahkan “Beberapa sawah di Desa Ngelowetan yang sebentar lagi akan panen kini terpaksa dilakukan percepatan panen atau panen paksa, dikarenakan sawah dilanda banjir. Bantuan Combine tersebut diharapkan mampu mengurangi biaya panen padi serta mengurangi resiko kehilangan hasil dan tentunya untuk kesejahteraan para petani di Desa Ngelowetan”.

Sumber: BPP Kec. MIjen

Bagikan