Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganMijen

UBINAN PADI MT 1 BERBASIS KSA POKTAN NGUDI MAKMUR

Mijen – Suko Widjaksono, S.P. selaku PPL BPP Kec. Mijen Wilbin desa Bantengmati beserta rombongannya melaksanakan ubinan padi KSA yang berada di sawah milik Kartajak dan Sutrisno anggota Poktan Ngudi Makmur Ds. Bantengmati Kec. Mijen Kab. Demak, Senin (04/03/2024).

Ubinan padi menggunakan pendekatan area, dimana berbasis Kerangka Sampel Area (KSA) mengunakan titik pengamatan pada subsegmen sesuai fase pertumbuhan padi.

“Untuk melihat perkiraan hasil panen padi melalui titik sampel ukuran 2,5 x 2,5 m² yang kemudian hasilnya diukur dan ditimbang. Ubinan padi kali ini di 2 lokasi, di sawah milik Kartajak menghasilkan 5.670 Kg dan jika di Konversikan menjadi 9,07 Ton/Ha. Kemudian di sawah milik Sutrisno menghasilkan 6.215 Kg dan jika di Konversikan menjadi 9,94 Ton/Ha. Hasil inilah dapat dijadikan dasar dalam penentuan Produksi dalam 1 Ha” jelas Suko Widjaksono, S.P.

Kartajak menambahkan “Kelompok tani Ngudi Makmur yang tanam di MT 1 sudah waktunya dipanen. Sebelum dipanen dilakukan Ubinan terlebih dahulu untuk mengetahui perkiraan hasil Produksi. Alhamdulillah hari ini harga jual tingkat petani juga masih bagus”.

Sumber: BPP Kec. MIJEN

Bagikan