Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganPrasarana, Sarana dan Penyuluhan

VERIFIKASI USULAN CPCL KEGIATAN POMPANISASI UNTUK MENDUKUNG PENAMBAHAN AREAL TANAM (PAT)

Demak, 04 April 2024. Bertempat di Ruang Abdi Bakti Tani Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Demak. Dalam Kegiatan Ini dihadiri Oleh Bapak Budi Nugroho bagian OPSDA 1 BBWS Pemali Juana, Sub Koordinator Lahan dan Irigasi Bapak Santosa SP, Serta Staf Lahan dan Irigasi.

Tim Verifikasi Menyampaikan Beberapa Mekanisme Syarat-syarat yang harus dilaksanakan oleh Calon Penerima Kegiatan yang sesuai dengan Pedum Juknis Khususnya Juknis Irigasi Perpompaan.

Verifikasi Ini bertujuan untuk menentukan CPCL yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan, di data usulan PAT Pompanisasi yang telah masuk dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak sebanyak 7347 Ha, dengan total usulan CPCL se-Kabupaten Demak sebanyak 123 Unit. Hal ini penting dilakukan dalam rangka memastikan lokasi dan kondisi dilapangan, sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran sehingga asas manfaat dapat dirasakan oleh poktan.

Berdasarkan hasil verifikasi terdapat beberapa catatan hasil verifikasi diantaranya ada beberapa titik koordinat yang tidak sesuai dengan lokasi, adapun yang masuk dalam beberapa daerah irigasi seperti Daerah Irigasi Glapan, Daerah Irigasi Sedadi, Daerah Irigasi Guntur, Daerah Irigasi Klambu, Daerah Irigasi Jragung, Daerah Irigasi Dolog

Dapat disimpulkan dalam verifikasi usulan CPCL kegiatan pompanisasi untuk mendukung penambahan areal tanam (PAT), ada beberapa lahan yang lolos dan sudah sesuai dengan ketentuan calon penerima kegiatan. Namun ada juga beberapa lahan yang masih belum sesuai dengan ketentuan calon penerima kegiatan sehingga masih perlu di cek dan ditinjau kembali.

Sumber: Bidang Prasarana Sarana dan Penyuluhan

Bagikan