Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganGuntur

PGPR BAKTERI BAIK SAHABAT PETANI UNTUK TANAH

Pada hari ini Jumat, tanggal 04 Oktober 2024. Bapak Kamaludin selaku PPL desa Sukorejo, mas Bayu selaku popt prov. Jateng, saudara Oky PPL kec. Guntur melaksanakan giat pembuatan PGPR yang dilaksanakan dari pukul 13.50 hingga selesai pada pukul 18.00 wib di kelompok Kismi Raharjo Desa Sukorejo, Kec. Guntur. PGPR merupakan bakteri baik yang sangat menguntungkan bagi pertumbuhan akar tanaman, sehingga tanaman tahan akan terpaan angin.

Pelaksanaan pembuatan PGPR tersebut dengan menyiapkan akar bambu yang banyak mengandung rhizobacteria yang sangat berperan untuk menambah dan memperkuat perakaran. Akar bambu tersebut kemudian dicacah, Tempatkan akar bambu pada wadah tersendiri yang berisi air bersih yang tidak mengandung kaporit. Bahan lain yang di persiapkan yaitu terasi 4-5 biji, air PDAM yang tidak mengandung kaporit, injet dan molase.

Kemudian semua bahan tersebut di masak hingga mendidih dalam panci yang berisi air. Apabila air sudah mendidih tunggu hingga dingin, kemudian saring dengan saringan masukkan pada galon bersih. Kemudian bahan akar bambu di campur dalam campuran semua bahan tadi. Tunggu hingga terfermentasi selama 1 Minggu.

Sumber: BPP Kecamatan Guntur

Bagikan