Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganGuntur

“Waspada” Demam 3 Hari Pada Sapi

Pada saat pergantian musim ini dari kemarau ke hujan banyak terjadi penyakit pada sapi maupun hewan ruminansia yang muncul secara tiba-tiba. Pada hari ini tanggal 9 Oktober 2024 pada pukul 07.30 wib. Sapi milik pak sisman dari Desa Gaji Kec. Guntur yang tiba-tiba tidak mau makan, merasa gelisah, telinga terasa dingin dari pagi hari ini, kemudian sang pemilik berkonsultasi melalui sambungan komunikasi hp ke saudara Oky selaku paramedik kec. Guntur.

Secara sigap saudara Oky langsung ke kandang sapi milik pak sisman untuk melayani pelayanan kesehatan hewan pada sapi milik beliau agar segera pulih dan sehat kembali. Setelah melayani sapi milik pak sisman, saudara Oky menyarankan untuk pemberian air gula Jawa sebagai ramuan tradisional penambah stamina sapi dan melaburi perut sapi dengan balsem agar terasa hangat dan sapi merasa nyaman.

Demikian yang dapat kami sampaikan, untuk peternak agar lebih sigap dalam mengamati kesehatan ternak terutama sapi agar segera tertangani oleh tenaga paramedik yang terampil di wilayah masing-masing.

Sumber: BPP Kecamatan Guntur

Bagikan