Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganSayung

MONITORING BANTUAN BERAS  DI DESA KALISARI KECAMATAN SAYUNG

Sayung – Pada kesempatan pagi ini Jumat, 11 Oktober 2024 Kami PPL BPP Sayung melakukan monitoring bantuan beras periode Oktober dimana kualitas beras diragukan karena warna fisik beras yang agak keruh atau gelap, Kami melakukan monitoring uji petik di Desa Kalisari dengan jumlah KPM (Kelompok Penerima Manfaat) cukup banyak yaitu 1.323 kpm.

Kami berempat : Hari Mul, Catur Hikmah, Irfan dan Maryuti mengawali kegiatan dengan koordinasi di balaidesa bersama perangkat dan admin desa yang menangani. Sistem pembagian di desa Kalisari melalui skup wilayah per dukuh untuk memudahkan masyarakat dalam pengambilan dan mengefisiensikan waktu penyaluran.

Kami kemudian ke salah satu titik bagi di rumah bapak Kumaidi dukuh Krajan dimana dalam menjawab kegelisahan atas warna beras yang agak keruh/gelap beliau mencoba memasak sedikit beras tersebut untuk membuktikan rasa nasinya yang ternyata beras baik, pulen dan layak dikonsumsi (seperti pada dokumentasi yang kami sertakan).

Dari pihak Bulog memang sejak awal sudah menginformasikan bahwa beras bantuan periode Oktober ini merupakan beras impor asal Vietnam yang secara visual agak gelap karena stok yang tersedia saat ini adalah beras Vietnam, dijelaskan juga bahwa beras tanaknya pulen, namun apabila ditemukan beras yang tidak layak maka Bulog siap akan segera mengganti.

Sumber: BPP Kecamatan Sayung

Bagikan