Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITATanaman Pangan dan Hortikultura

PANEN RAYA KACANG HIJAU

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi melakukan kunjungan ke Desa Temuroso, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak, Rabu tanggal 2 September 2020. Kunjungan ini untuk melaksanakan panen raya kacang hijau dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional di tengah Pandemi Covid-19. Panen raya kacang hijau di tengah pandemi Covid-19 menunjukkan bahwa sektor pertanian tetap unggul dan tangguh. Inilah yang menjadikan pertanian sebagai sektor yang tumbuh dengan pertumbuhan tertinggi dibanding sektor lainnya.

Lebih lanjut lagi, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengapresiasi masyarakat sekitar yang tertib mengenakan masker. Dia menegaskan, pemakaian masker tetap dilakukan dalam setiap kegiatan masyarakat. Di Kabupaten Demak telah terbentuk SPDP (Satuan Penegak Disiplin Protokol) sebagai upaya mendisplinkan masyarakat untuk tetap mengenakan masker.

Sementara itu, Bupati Demak H. M. Natsir menambahkan, data tahun 2019 luas lahan kacang hijau yang dipanen 25. 952 hektare. Dengan luas lahan itu, produksi kacang hijau di Demak mencapai 36. 981 ton. Sebanyak 7.487 ton telah diekspor ke Taiwan, Cina, Philipina dan Malaysia. Untuk tahun 2020 sampai bulan Agustus 2020, ekspor kacang hijau sebesar 891 ton ke Cina dan Philipina. (Heri Wuryanta, S.TP., MP)

Bagikan