Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITATanaman Pangan dan HortikulturaWonosalam

Ubinan Swakarsa Sebagai Upaya Menakar Produksi Petani Poktan Sido Mukti Desa Sidomulyo Kecamatan Wonosalam

(Kamis, 11 Februari 2021) Musim Panen MT 1 padi sudah mulai berlangsung, pemandangan tumpukan-tumpukan sak-sak hasil panen sering terlihat di sisi jalan-jalan desa juga di Desa Sidomulyo Kecamatan Wonosalam. Di kelompok tani Sido Mukti yang diketuai Ahmad Lusito menyampaikan tanamannya yang tanam di bulan November 2020 (MT 1) sudah waktunya dipanen. Lebih lanjut Lusito menyampaikan bahwa fisik pertanaman lebih bagus setelah mengikuti anjuran Bapak PPL untuk mencoba mengaplikasikan POC dilahan garapannya yang seluas 1,2 bau atau sekitar.1 ha.

Dengan berkoordinasi dengan PPL Desa Sidomulyo berinisiatif agar tanamannya sebelum dipanen bisa dilakukan ubinan terlebih dahulu untuk mengetahui produksi setelah diaplikasi POC, dan pada hari ini Kamis, 11 Februari 2021 dilakukan ubinan swakarsa.

Seksi Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Demak Bp. Sukisman, SST selaku Kepala Seksi memberikan apresiasi atas pelaksanaan ubinan swakarsa dengan hadir dan ikut dalam proses ubinan dan menyampaikan motivasi kepada petani bahwa dengan ubinan dapat menakar hasil produksi dari sekian lama lelah dibudidayakan, harapannya budidaya yang baik akan menhasilkan hasil dan harga yang baik jsehingga kesejahteraan petani dapat meningkat.

Endingnya hasil ubinan tertera timbangan 5,790 kg dimana jika dikonversi setara dengan 9,2 ton per hektar, hal itu memberikan gambaran setelah aplikasi POC mengalami kenaikan hasil produksi yang biasanya 7,5 ton per hektar Senyum petani atas hasil yang diterimanya saat panen sangat melegakan kami selaku PPL, semoga petani sejahtera Demakku makmur…aamiin.

(Hari Mulyanto – PPL Wonosalam)

Bagikan