Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITAKementerian PertanianTanaman Pangan dan Hortikultura

Sambut Musim Panen, Bulog Siap Jemput Bola

Perum Bulog akan mengoptimalkan pengadaan beras dan gabah pada musim panen padi awal tahun ini guna menjaga ketersediaan stok untuk cadangan beras pemerintah.  Hingga kini stok beras yang dikuasai Bulog mencapai 1 juta ton.

Perum BULOG melalui Kantor Cabang Meulaboh – Aceh sudah mulai melakukan penyerapan beras medium untuk tahun 2021. Hal ini ditandai dengan masuknya beras medium ke Gudang Bulog Gampong Darat, Meulaboh sebanyak 500 ton hasil kerjasama dengan mitra lokal.

Penyerapan beras tersevyt lokal guna mengoptimalkan musim panen raya yang puncaknya akan berlangsung sekitar Maret – April 2021. Pengadaan ini dalam rangka memperkuat Cadangan Beras Pemerintah.

Pada tahun ini Perum BULOG akan menjemput bola ke petani dalam proses penyerapan tidak hanya beras tetapi gabah ditingkat petani. Berdasarkan data prakiraan produksi GKG (Gabah Kering Giling) dari BPS periode bulan Maret – April 2021, Provinsi Aceh mempunyai produksi GKG sebesar 425 ribu ton.

Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum BULOG, Mokhamad Suyamto dalam keterangannya mengatakan, ada dua grand master plan kegiatan supply chain dan pelayanan publik BULOG yaitu menjaga stock beras Cadangan Pemerintah, penyediaan stok sesuai kebutuhan penjualan, kualitas standar dan harga kompetitif serta sinergi dengan mitra kerja untuk meningkatkan jaminan pasokan dan efisiensi biaya persediaan. 

Suyamto mengatakan, tahun ini Perum BULOG akan lebih selektif dalam melakukan penyerapan gabah beras dan memaksimalkan kegiatan jemput bola ke petani. Hal itu guna mendapatkan stok sesuai yang dibutuhkan untuk kegiatan penjualan ataupun penyaluran lainnya.

“Dengan tambahan serapan dari Meulaboh – Aceh hari ini sebanyak 500 ton, maka total serapan beras  BULOG dari Petani  tahun 2021  per hari ini sudah sebanyak 30 ribu ton,” katanya.

Selain itu BULOG juga akan memaksimalkan strategi pengadaan dalam negeri saat puncak panen raya pada Maret – April. Hal itu sebagai upaya memperoleh jaminan pasokan beras PSO dan menjaga stok beras CBP/PSO sesuai penugasan yang diberikan. Selanjutnya BULOG juga melakukan pengadaan GKG dengan Sistem Kontrak/Perjanjian Terikat dengan Mitra Kerja Pengadaan (MKP).

Suyamto mengatakan, sampai kini stok yang dikuasai BULOG hampir mencapai 1 juta ton. Harapannya saat panen raya nanti BULOG akan dapat menyerap secara maksimal gabah beras dari petani guna menjaga stabilisasi harga di tingkat petani dan mencukupi kebutuhan stok sesuai penugasan dan kebutuhan penyaluran.

Dengan pengaplikasian sistem Supply Chain Management yang digunakan dalam mengintegrasikan rencana penjualan dan pasokan dengan tetap memperhatikan rencana bisnis (penyaluran, penjualan, pengolahan, pengadaan, produksi dan keuangan) kedalam suatu rencana terpadu diharapkan kedepannya BULOG agar lebih optimal dalam melakukan penyerapan beras/gabah melihat dari peluang pasar di masyarakat.

Sumber: https://tabloidsinartani.com/detail//indeks/pangan/15768-Sambut-Musim-Panen-Bulog-Siap-Jemput-Bola

Bagikan