Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

ARTIKELKementerian Pertanian

MENGENAL BUNGA KUPING GAJAH TARANTULA YANG EKSOTIS

Tanaman Anthurium clarinervium atau yang biasa dikenal dengan nama Kuping Gajah Tarantula menjadi semakin populer belakangan ini. Tanaman ini dianggap sangat cocok untuk dijadikan koleksi terutama sebagai tanaman dekorasi interior. Termasuk ke dalam golongan famili Araceae, tanaman ini merupakan tanaman endemik di Meksiko.

Ciri, Bentuk, dan Warna

Jenis tanaman kuping gajah sebenarnya sangat beragam.

Sumber : google.com

Tampilannya mungkin hampir sama namun jika dilihat lebih dekat lagi akan terlihat perbedaan. Untuk jenis kuping gajah Kuping Gajah Tarantula (Anthurium clarinervium), Anda bisa melihat bentuk daun yang berbentuk menyerupai jantung dengan ukuran yang cukup lebar.

Warna daun tanaman ini adalah hijau dengan gurat atau garis corak berwarna putih kehijauan. Motif dari tanaman ini cukup unik dan teratur sehingga menambah nilai estetikanya. Tak perlu mengamati terlalu dekat, dari kejauhan juga pasti sudah bisa terlihat kalau tanaman ini termasuk jenis kuping gajah berkat bentuk dan coraknya.

Tanaman ini memiliki tangkai kecil yang lurus menopang daun. Sementara itu bagian corak yang berwarna putih kehijauan tadi merupakan tulang daunnya. Daunnya sendiri berwarna hijau pekat dan sangat cantik jika dilihat di waktu terang. Tanaman kuping gajah ini bisa bertumbuh baik entah di dalam maupun di luar ruangan.

Cara Menanam

Penanaman Anthurium clarinervium juga tergolong mudah. Berikut adalah tahap penanaman yang bisa Anda ikuti.

  1. Siapkan media tanam dan pot yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran tanaman.
  2. Tanam kuping gajah di dalam media yang sudah tersedia.
  3. Gunakan media yang terbuat dari tanah dan kompos untuk memastikan pertumbuhan tanaman berjalan baik.
  4. Letakkan tanaman ini di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung.

Daun Anthurium crystallinum berukuran besar dan berbentuk hati. Inilah yang membuatnya disebut sebagai tanaman kuping gajah. Daunnya ditopang oleh tangkai kecil yang tegak berdiri ke atas. Warna hijau pekatnya ditemani tulang daun berwarna putih kehijauan. Tanaman yang berasal dari daerah Amerika Selatan ini memiliki jumlah daun yang banyak alias lebat. Jika sudah bertumbuh besar, tanaman kuping gajah bisa mencapai ukuran panjang 20-40 cm dan lebar 15-38 cm.

Dalam memilih pot untuk tanaman kuping gajah, kamu harus memerhatikan tiga hal, yaitu desain, luas, dan bahan dasar pot. Pilih pot yang memiliki desain apik agar bisa kamu gunakan sebagai dekorasi ruangan atau dipajang di teras rumah. Luas pot pun tidak boleh terlalu sempit demi pertumbuhan akar dan tunas yang lebih leluasa. Pastikan bahan pot juga mampu menjaga kelembapan tanah dalam suhu normal dan lama, seperti pot plastik dan tanah liat. Jangan lupa untuk memastikan ada lubang drainase di bawah pot.

Gunakan Media Tanah yang Bernutrisi dan Higienis

Tanah merupakan media tanaman kuping gajah untuk bertumbuh. Sebelum menanamnya, pastikan bahwa media tanah sudah steril dari organisme penyebab penyakit, seperti jamur dan bakteri. Kamu bisa menjemur media tanah di bawah terik matahari, menyiramnya dengan air panas, dikukus, atau menggunakan obat-obatan demi mengusir organisme tersebut. Ada beberapa komposisi media tanah yang bisa kamu coba. Campurkan satu bagian kompos atau humus, satu bagian pasir, dan satu bagian tanah kebun. Di atasnya, tambahkan serbuk kulit kayu halus. Komposisi lainnya adalah campuran cacahan pakis, pupuk kandang, humus, dan arang sekam.

Beri Nutrisi Melalui Pemupukkan

Tak hanya air, tanaman kuping gajah juga membutuhkan nutrisi melalui pupuk. Gunakan pupuk NPK dengan komposisi zat N yang lebih banyak. Caranya, semprotkan pupuk atau tabur di atas media tanam. Kamu juga bisa menggunakan pupuk kandang atau humus yang benar-benar steril agar tanaman kuping gajah nggak terserang penyakit. Lakukan cara ini dua minggu sekali.

Sumber: http://cybex.pertanian.go.id/artikel/97851/mengenal-bunga-kuping-gajah-tarantula-yang-eksotis/

Bagikan