Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

ARTIKELKementerian Pertanian

FAKTOR BUDIDAYA DAN MANFAAT JAHE MERAH

“Jahe merah merupakan salah satu jenis herbal yang bisa mencegah masuknya virus kedalam tubuh. Jadi budidaya jahe merah dapat bermanfaaat dan menguntungkan para petani juga masyarakat karena dapat memperoleh tambahan penghasilan atau pendapatan,”

Tidak secara tiba-tiba pamor jahe merah ini begitu tenar, namun tanaman ini sudah sekian lama diketahui manfaatnya oleh orang tua kita sejak dulu. Pemakaiannya begitu meluas

karena ternyata manfaatnya sangat banyak. Tidak hanya dipakai sebagai salah satu bumbu pelengkap masakan saja, namun juga ternyata banyak pula digunakan untuk tujuan di bidang kesehatan, terutama untuk jenis Jahe merah Merah.

Untuk lebih berinovasi lagi, dapat menggunakan jahe merah untuk membuat manisan serta asinan jahe, karena jahe sudah mendalam di benak masyarakat luas, maka akan lebih mudah untuk digunakan sebagai macam-macam cara. Permen jahe buatan khas yang alami juga masih tetap diburu oleh masyarakat karena dirasa mampu meredakan batuk, flu, sakit perut, hingga masuk angin.

Jahe merah juga dapat diolah menjadi jahe merah instan agar calon-calon konsumen dapat membeli tanpa harus dihabiskan sekaligus, tetapi disimpan untuk kebutuhan-kebutuhan lain suatu saat.

Faktor yang Memungkinkan Budidaya Jahe merah Merah :

Beberapa yang mungkin akan menjadi faktor menguntungkan atau mendukung keberhasilan budidaya jahe merah merah

  1. Permintaan terhadap Jahe merah Merah masih cukup tinggi, baik untuk kebutuhan dalam negeri maupun luar negeri.  Silahkan anda browsing dan searching mengenai permintaan produk agro ini.
  2. Tanaman Jahe merah bisa tumbuh pada ketinggian 0 – 2.000 m.dpl. sehingga cakupan tempat budidaya relatif luas.
  3. Teknis budidaya relatif mudah, dengan menggunakan media tanam di dalam polybag ataupun karung bisa dilakukan. Dengan demikian lahan yang dibutuhkan tidak perlu luas, kita bisa memanfaatkan lahan di pekarangan atau halaman rumah yang tidak produktif. Cara atau teknik budidaya pun sudah banyak tersedia dan banyak dipraktekkan. Anda pun dapat melakukan budidaya jahe merah merah sistem organik dengan mudah.
  4. Harga jual jahe merah merah menurut perkembangan pasar saat ini memang tidak setinggi seperti tahun-tahun sebelumnya, namun saya lihat masih memiliki nilai ekonomis. Apalagi bila dilakukan pengolahan jahe merah menjadi produk turunan, misalnya serbuk jahe merah dan gula, harganya tentu akan memiliki nilai ekonomi lebih tinggi dibanding harga jahe merah mentah .
  5. Belum begitu banyak yang melakukan budidaya jahe merah, meskipun di beberapa daerah sudah menjadi komoditi andalan, tengok misalnya di beberapa daerah di Sukabumi, Tasikmalaya atau di daerah Brebes, tanaman ini menjadi salah satu komoditi andalan daerah.
  6. Biaya yang harus dikeluarkan relatif rendah. Kita hanya perlu menyediakan polybag atau karung, tanah, pupuk, dan bibit serta biaya pemeliharaan yang tidak begitu besar, apalagi bila dilakukan oleh kita sendiri.

Beberapa manfaat dari  jahe merah merah di bidang kesehatan tersebut antara lain :

  1. Jahe merah mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, berfungsi sebagai pencegah radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.
  2. Selain itu jahe merah juga mengandung antiinflamasi dan antioksidan, sehingga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan virus maupun bakteri.
  3. Sebagai antioksidan, antiinflamasi, analgesik, antikarsinogenik (anti kanker), dan kardiotonik (penguat fungsi jantung)
  4. Anti hiperlipidemia (lemak berlebih)
  5. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah ; kandungan dalam jahe merah merah yang sangat banyak sangat bermanfaat untuk membuang racun dalam tubuh, salah satunya yaitu kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat yang ada dalam darah akan menghambat aliran darah. Salah satu manfaat dari jahe merah merah adalah melancarkan peredaran
  6. Melancarkan aliran darah

Sumber: http://cybex.pertanian.go.id/artikel/98318/faktor-budidaya-dan-manfaat-jahe-merah-/

Bagikan