Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan Pangan

Harga Cabai Anjlok, ASN di Dinas Pertanian dan Pangan Kab.Demak Beli Cabai Langsung dari Petani di Kabupaten Demak

Panen raya cabai yang terjadi di beberapa kecamatan di Kabupaten Demak mengakibatan turunnya harga jual cabai di tingkat petani. Dalam dua minggu terakhir, harga jual cabai di petani turun di kisaran 3 ribu hingga 6 ribu rupiah per kilogram. Hal ini tentu saja membuat petani tidak bisa mengembalikan modal produksi, terlebih lagi untuk mengambil keuntungan.

Berlatar belakang hal tersebut, ASN di lingkup Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak melaksanakan kegiatan peduli petani dengan membeli cabai langsung dari petani dengan harga 8 ribu per kilogram pada hari Kamis, tanggal 2 September 2021 yang lalu. Setiap ASN membeli sebanyak 5 kilogram. Dengan jumlah pegawai ASN di Dinas Pertanian dan Pangan yaitu 115 orang, maka 575 kilogram cabai segar telah terbeli dari petani.

Cabai segar yang baru dipetik dan dikemasi 5 kilogram diantar langsung oleh perwakilan petani dari Gapoktan Karya Makmur desa Pasir Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Menurut paparan ketua Gapoktan Karya Makmur, Pak Sukron mengatakan bahwa petani sangat bahagia dapat menjual cabai segar sebanyak 575 kilogram atas permintaan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak karena harga yang disepakati lebih tinggi dari harga jual petani ke pasaran.

Hal ini juga selaras dengan yang disampaikan oleh Plt.Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kab.Demak yaitu Agus Herawan, S.IP, MM bahwa masih ada sekitar 26 hektar cabai merah keriting yang masih belum dipanen dan diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menginisiasi harga agar bisa lebih tinggi untuk panen selanjutnya.

Sebelumnya juga, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak telah memfasilitasi penjualan cabai segar atas beberapa permintaan. Permintaan pertama datang dari Lazismu Demak dan Jepara serta PD Aisyiyah Demak dan Jepara sebanyak 1 ton cabai keriting segar pada tanggal 26 Agustus 2021 dengan harga 6 ribu per kilogram saat harga jual petani berkisar 3 ribu per kilogram.  Lazismu Jatim juga telah membeli sebanyak 4,35 ton cabai segar dan langsung dikirim dari Kab.Demak menuju Surabaya pada tanggal 28 Agustus 2021.  Permintaan selanjutnya datang dari  Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah sebanyak 300 kilogram pada hari senin, 31 Agustus 2021 yang lalu dengan harga 8 ribu per kilogram saat harga jual petani berkisar 5-6 ribu per kilogram. Diharapkan, dengan kegiatan ini harga cabai bisa merangkak naik dan menyejahterakan petani. (Diana Fitriani-TPH)

Bagikan