Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITAPrasarana, Sarana dan Penyuluhan

PENINGKATAN KAPASITAS BAGI PETANI DI KABUPATEN DEMAK DENGAN PELATIHAN PERAWATAN COMBINE HARVESTER BESAR (CHB)

Dinas pertanian dan Pangan Kabupaten Demak mengadakan Peningkatan Kapasitas bagi Petani di Kabupaten Demak dengan Pelatihan Perawatan Combine Harvester Besar pada hari Kamis, 26 Agustus 2021 dengan narasumber : Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, Kabid Prasarana, Sarana dan Penyuluhan, Teknisi dari Penyedia Maxxi. Adapun lokasi pelatihan ditempatkan di BPP Kecamatan Dempet, pelatihan perawatan CHB dipandu oleh teknisi dari penyedia alsintan, dengan peserta berjumlah 34 orang yaitu Poktan Rahayu Mulyo Desa Dempet Kec. Dempet, Poktan Mekar Sari Desa Karangrejo Kec.Bonang, PPL Wilbin dan Koordinator Penyuluh Kecamatan. Dalam siatuasi pandemi seperti ini, pelatihan tetap berjalan sesuai dengan Protokol Kesehatan yang berlaku.

            Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, Agus Herawan, S.I.P, MM membuka kegiatan Peningkatan Kapasitas bagi Petani di Kabupaten Demak dengan, Pelatihan Perawatan Combine Harvester Besar (CHB) menyampaikan agar Alsintan dimanfaatkan secara optimal. Harapannya selain bisa mengoperasikan, penerima bantuan juga diminta memperhatikan perawatan Alsintan yang dimiliki.

Dalam pelatihan perawatan ini, peserta mendapatkan pembekalan materi cara merawat Alsintan Combine Harvester Besar dari Instruktur/ Teknisi Penyedia Alsintan.

Di pelatihan tersebut juga di jelaskan pentingnya perawatan, dari berbagai tindakan perawatan dimulai sebelum Alsintan dioperasikan dicek kelengkapannya termasuk oli dan BBM, setelah pemakaian dibersihkan dan waktu ganti oli juga perlu diperhatikan.

Tujuan dari pelatihan perawatan CHB ini untuk meningkatkan kemampuan dalam menjamin kesiapan oprasional siap untuk di pakai, meningkatkan mutu pelayanan, dan mempercepat pemanenan padi di wilayah Kabupaten Demak. Setelah Pelatihan Perawatan, diharapkan kepada Kelompok tani dapat mengelola, menggunakan, memanfaatkan dan merawat Combine Harvester Besar secara Maksimal (Siska/ Bidang PSP)

Bagikan