Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITAPerkebunan

SEKOLAH LAPANG PENGENDALIAN HAMA TERPADU (SLPHT) UNTUK PETANI TEMBAKAU DI KABUPATEN DEMAK TA. 2021

            Dalam rangka Kegiatan Program Penyediaan dan Pengembangan Sarana Pertanian (DBHCHT), bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Demak mengadakan Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SLPHT) bagi petani tembakau penerima bantuan Demplot Tembakau.

Kegiatan SLPHT dimulai pada tanggal 4 Agustus 2021 dan berakhir pada 1 September 2021. Pada SLPHT tidak ada istilah murid dan guru, tetapi istilahnya adalah peserta dan pemandu lapangan, karena dalam proses belajarnya peserta dipandu untuk mengetahui, memahami, dan menerapkan PHT sendiri. SLPHT diikuti oleh 20 petani peserta yang belajar bersama dengan 2 pemandu lapangan. Masing-masing kelompok tani melaksanakan kegiatan SLPHT ini sebanyak 5 kali pertemuan. SLPHT berupaya mewujudkan petani sebagai ahli PHT, yaitu sebagai manajer yang mampu mengatasi segala permasalahan di lahan usahataninya secara mandiri.

Tujuan diadakannya kegiatan SLPHT ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keahlian petani/kelompok tani dalam menganalisa data dan informasi agroekosistem, memasyarakatkan dan melembagakan penerapan PHT dalam pengelolaan usahatani dan meningkatkan pengamanan produksi terhadap gangguan OPT dalam pencapaian sasaran produksi, produktivitas dan peningkatan kesejahteraan petani tembakau.

Adapun bentuk pelaksanaan dari SLPHT ini antara lain : penyampaian mengenai teknik budidaya tembakau, pengamatan yang dilakukan setiap minggu untuk mengetahui pertumbungan dan perkembangan tanaman tembakau, juga untuk mengamati adanya hama dan penyakit tanaman yang ada pada lahan pengamatan. Setelah melakukan pengamatan, perserta yang terbagi dalam 4 kelompok berdiskusi dan merangkum hasil pengamatan untuk dipresentasikan dan mendiskusikan mengenai cara pengendaliannya. Selain itu, diajarkan pula praktek-praktek dalam membuat pestisida nabati, PGPR untuk memacu sistem perakaran tanaman, dan MOL yang mempercepat penguraian bahan organik di tanah serta ramah terhadap lingkungan sekitarnya.

Anggaran dari SLPHT ini bersumber dari dana DBHCHT TA. 2021, dan kelompok tani tembakau yang melaksanakan kegiatan ini antara lain :

  1. KT. Karyaning Tani Desa Kangkung Kec. Mranggen
  2. KT. Kalining Sejati Desa Kalitengah Kec. Mranggen
  3. KT. Sidomulyo Desa Margohayu Kec. Karangawen 
  4. KT. Nastiti Desa Jragung Kec. Karangawen
  5. KT. Tani Subur Desa Pamongan Kec. Guntur
  6. KT. Ngudi Makmur Desa Wonorejo Kec. Guntur

(Ika Hardiyan S./Perkebunan)

Bagikan