Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITATanaman Pangan dan Hortikultura

Studi Lapang sistem Hidroponik di PT Hidroponik Agrofarm Bandungan Bersama Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab.Demak

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan Peningkatan Keterampilan Inovasi Pelatihan Hidroponik yang telah dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2021 di Pondok Darussalam Kab.Demak, Dinas Pertanian dan Pangan Kab.Demak bersama dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab.Demak melaksanakan studi lapang ke PT Hidroponik Agrofarm Bandungan (PT HAB). Kunjungan dilaksanakan pada hari Minggu, 10 Oktober 2021. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat sistem hidroponik yang sudah diaplikasikan di PT HAB tersebut.

Studi lapang diawali dengan sambutan Direktur PT HAB, sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Kab.Demak dan Perwakilah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab.Demak. Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Kab.Demak yaitu Ahmad Nur Hidayat, SE, MH menuturkan bahwa kegiatan ini diharapkan akan memberi manfaat kepada peserta studi lapang. Beliau juga berpesan agar peserta studi lapang dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan antusias.

Studi lapang dibagi menjadi dua kegiatan besar yaitu pemaparan materi di ruangan oleh PT HAB dan dilanjutkan dengan berkeliling greenhouse dengan didampingi oleh pemandu lapang dari PT HAB. Ada 8 greenhouse yang dimiliki oleh PT HAB yang terdiri dari greenhouse sayuran daun, tomat, dan buah-buahan. Selain mengajak berkeliling ke beberapa greenhouse, pemandu lapang juga mengajari cara persemaian kangkung untuk sistem hidroponik NFT. Peserta studi lapang terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan persemaian ini.

Di sela kegiatan persemaian, peserta studi lapang disuguhi aneka hasil buah dan sayuran dari pertanaman hidroponik di PT HAB. Diantaranya ialah rock melon, tomat chery dan salad sayur khas PT HAB. Hal ini tentunya menambah antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan. (Diana/TPH)

Bagikan