Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

ARTIKELDinpertan Pangan

Hidroponik, Cara Budidaya Tanaman yang Menguntungkan

Menanam jadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan baik di pekarangan rumah ataupun sebagai usaha dalam skala usaha besar. Namun, terbatasnya lahan yang dimiliki terkadang jadi salah satu kendala yang dihadapi sebagian orang ketika ingin memulai usaha pertanian. Budidaya secara hidroponik bisa menjadi alternatif pilihan untuk memulai kegiatan pertanian yang terkendala dengan terbatasnya lahan.

Hidroponik merupakan cara menanam yang tidak menggunakan tanah sebagai media tanam, namun memanfaatkan air dan media tanam berupa benda padat seperti cocopeat, spons dan sebagainya.

Penanaman dengan hidroponik biasanya dilakukan untuk beberapa jenis sayuran daun dan buah seperti bayam, kangkung, selada, pakcoy, sawi, tomat, cabai. Selain sayuran, tanaman buah seperti melon dan stroberi juga dapat ditanam dengan cara hidroponik. Namun saat ini, hidroponik memang lebih banyak dipakai untuk menanam sayuran terutama sayuran daun.

Kegunaan menanam dengan hidroponik antara lain tidak membutuhkan lahan yang luas sehingga bisa jadi solusi bagi yang memiliki lahan terbatas namun ingin tetap menanam sekaligus menjadikannya usaha. Selain itu hidroponik juga tidak menggunakan tanah sebagai media tanam, jadi daerah dengan kondisi tanah yang kurang baik tetap dapat bertanam sayuran.

Pembibitan menjadi tahap awal dalam produksi hidroponik. Pembibitan menjadi faktor yang sangat berpengaruh dalam penanaman karena bibit yang baik dapat tumbuh dengan optimal pada media hidroponik. Bibit akan dipindah tanam setelah berumur 3 sampai 4 minggu atau ketika memiliki 3 sampai 4 daun. Setelah pembibitan, tanaman akan dipindah ke wadah tanam baru dengan media tanam berikutnya untuk ditanam sampai masa panen. Beberapa wadah tanam yang biasa digunakan adalah pipa, talang air dan pot.

Jenis-jenis hidroponik yang sering digunakan yaitu sistem sumbu, rakit apung, NFT, sistem irigasi tetes, sistem aeroponik.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menanam secara hidroponik antara lain:

  1. Media Tanam

Menanam hidroponik tidak menggunakan tanah, sehingga media tanam menjadi hal yang penting untuk diperhatikan dalam proses penanaman karena sangat berbeda dengan budidaya secara konvensional. Media tanam ini berguna untuk menjaga tanaman agar dapat berdiri tegak. Penggunaan media tanam sangat berpengaruh pada hasil yang ditanam.  Media tanam harus mampu menyerap dan menyimpan air dengan baik sehingga tanaman mendapatkan cukup nutrisi selama ditanam. Media tanam juga harus bebas hama dan tidak mudah kering di suhu yang berbeda.

Beberapa jenis media tanam yang sering digunakan untuk menanam secara hidroponik diantaranya arang sekam (media tanam ini cukup populer bagi petani hidroponik karena relatif murah dan media lebih steril, biasanya media ini digunakan untuk menanam tomat, paprika dan mentimun), cocopeat/sabut kelapa (media ini mampu menyerap air cukup tinggi, penggunaannya perlu dicampur arang sekam dengan perbandingan 50:50 untuk meningkatkan pasokan oksigen), rockwool (media tanam ini mungkin masih cukup asing bagi beberapa orang, secara singkat media rockwool terbuat dari batu, kaca dan keramik yang dipanaskan dengan suhu tinggi kemudian digabungkan membentuk serat yang biasanya berbentuk kotak. Keunggulan rockwool yaitu bisa dijadikan sebagai media semai dan media tanam. Rockwool dapat menahan air dan udara dalam jumlah yang banyak, sehingga sangat berguna untuk pertumbuhan akar dan menyerap nutrisi.

  1. Nutrisi Tanaman

Nutrisi sangat mempengaruhi kualitas tanaman dan hasil panen yang dihasilkan, Hal dasar yang penting dari budidaya secara hidroponik adalah kandungan hara di dalam air berupa larutan yang diberikan secara berkala sebagai nutrisi.

Unsur Hara atau nutrisi akan tersedia bagi tanaman pada pH 5.5 – 7.5, namun kondisi terbaik ada di pH 6.5, karena pada kondisi ini unsur hara dalam keadaan tersedia bagi tanaman

  1. Air

Hidroponik memanfaatkan air sebagai kebutuhan utama yang menunjang pertumbuhan tanaman. Namun, kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas. Mineral yang terkandung dalam air harus stabil, karena mineral yang terlalu tinggi tidak cocok untuk media tumbuh tanaman hidroponik. Mineral yang terlalu tinggi bisa menghambat kemampuan akar tanaman dalam menyerap nutrisi yang dibutuhkan bagi tanaman. Kadar mineral yang baik adalah kisaran 0-50 ppm, karena mineral yang rendah akan membuat nutrisi lebih maksimal. PH air yang baik untuk tanaman hidroponik adalah kisaran 5,5 – 6,5, jika PH air diluar itu maka dapat menghambat kemampuan akar dalam menyerap nutrisi.

Menanam dengan hidroponik tidak hanya dapat dijadikan sebagai hobi dan mengisi waktu luang di rumah, namun juga sebagai peluang untuk melakukan bisnis. Tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik biasanya memiliki waktu panen yang lebih cepat dengan hasil yang cukup banyak dengan jumlah lahan yang lebih sedikit jika dibandingkan oleh bertani dengan konvensional.

Hasil tanam dengan cara hidroponik memiliki harga jual yang relatif lebih tinggi di pasaran jika dibandingkan dengan hasil tanam dengan cara konvensional. Tanaman hidroponik dapat dijual di supermarket, hotel, restoran, dapat juga secara online melalui media sosial dan aplikasi penyedia jasa jual sayuran. Tanaman hidroponik lebih tahan hama sehingga jarang menggunakan pestisida (meminimalisir kontaminasi dari pestisida). Kualitas sayuran hidroponik dinilai lebih baik sehingga banyak yang memiliki anggapan kalau kandungan nutrisi pada hasil tanamnya lebih terjaga.

Sumber: http://cybex.pertanian.go.id/artikel/100558/hidroponik-cara-budidaya-tanaman-yang-menguntungkan/

Bagikan