Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganWonosalam

PEMBAGIAN KARTU TANI DI DESA TLOGOREJO

Hari ini, Kamis 13 Juli 2023 PPL BPP Wonosalam bersama petugas Bank BRI melaksanakan pembagian kartu tani kepada petani. Kegiatan ini bertempat di Balai Desa Tlogorejo. Penerima kartu tani ini merupakan petani yang namanya sudah tercantum di daftar penerima kartu tani dari BRI. Hari ini pembagian ditujukan untuk petani asal desa Tlogorejo dan desa Tlogodowo.

Kartu tani yang dikeluarkan oleh BRI ini berisikan kuota pupuk bersubsidi, Urea dan NPK. Kartu tani juga layaknya rekening bank pada umumnya, dapat dimanfaatkan untuk menabung, transfer dan juga sebagai kartu ATM. Menggunakan kartu tani, petani dapat menebus pupuk bersubsidi sesuai alokasinya di kios pupuk (KPL) yang telah ditunjuk. Adapun persyaratan untuk menerima kartu tani yaitu dengan membawa fotokopi KTP, fotokopi KK dan menunjukkan KTP asli.

Penerimaan kartu tani di lokasi bertujuan agar kartu tani dapat diterima langsung oleh petani. Petani tidak perlu datang ke kantor BRI sehingga mempermudah petani. Cukup petugas BRI yang datang ke lokasi dan membagikan langsung. Bagi petani yang sudah lansia dan tidak mampu hadir di lokasi maka PPL dan petugas BRI akan mendatangi langsung ke rumah. Selain itu momen ini juga dimanfaatkan oleh petani untuk berkonsultasi tentang kartu tani yang bermasalah.

Pasca kegiatan ini, harapannya petani dapat menggunakan kartannya untuk menebus pupuk bersubsidi. Sehingga alokasi pupuk bersubsidi akan lebih mengena kepada sasaran, yaitu petani yang sudah terdaftar dengan kartu tani. (Deni Hestina, S.Pt/BPP Wonosalam)

Bagikan