Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganMijen

PENDAMPINGAN VAKSINASI PMK PADA HEWAN TERNAK DI DESA REJOSARI KECAMATAN MIJEN

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) merupakan penyakit yang menyerang pada hewan berkaki belah, seperti sapi, kerbau, kambing dan domba. Gejala penyakit ini seperti demam, luka pada mulut dan kuku, lesi kulit dan penurunan produksi susu. Meskipun penyakit ini tidak berbahaya bagi manusia, dampaknya terhadap populasi ternak dapat sangat merusak.

Dalam upaya pecegahan dan penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), pada hari Kamis (28/07/2023) Dinas Pertanian dan Pangan kabupaten Demak melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan bersama BPP kecamatan Mijen serta Kodim 0716 Demak melaksanakan vaksinasi PMK di Desa Rejosari Kecamatan Mijen, dengan sasaran hewan ternak di wilayah Desa Rejosari. Pelaksanaan dilaksanakan dengan teknik door-to-door melalui kandang-kandang peternakan milik masyarakat Desa Rejosari. Pada pelaksanaan vaksinasi PMK ini diperoleh sebanyak 22 ekor Kerbau dan 25 ekor Kambing  yang telah berhasil divaksinasi.

Dengan adanya vaksinasi PMK, diharapkan dapat melawan Penyakit Mulut dan Kuku pada ternak, sehingga dapat membantu mencegah penyebaran penyakit, menjaga produktivitas ternak dan melindungi ternak dari kerugian ekonomi yang disebabkan oleh penyakit mulut dan kuku. (BPP Kecamatan Mijen)

Bagikan