Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganWonosalam

SL GENTA ORGANIK BPP WONOSALAM

Sebagai penerima kegiatan CSA SIMURP, BPP Wonosalam melaksanakan Sekolah Lapang (SL) dalam rangka Genta Organik. Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang peserta yang merupakan perwakilan dari 10 poktan dari desa Trengguli, Kuncir dan Mrisen. Pelaksanaan SL bertempat di gubug poktan Langgeng Mulyo desa Kuncir.

SL hari pertama dilaksanakan pada Senin (17-07-2023) diisi dengan materi yang dibawakan oleh PPL desa Kuncir, Tri Murtini, yaitu tentang tujuan dan maksud kegiatan Genta Organik (Gerakan Tani pro Organik). Gerakan ini digagas oleh Kementrian Pertanian sebagai upaya menyikapi makin mahalnya harga pupuk anorganik (kimia).

Kegiatan SL hari kedua adalah pengamatan tanaman kacang hijau sebagai komoditas MT 3. Pengamatan merupakan salah satu komponen kunci dalam penerapan pengendalian hama terpadu (PHT). Melalui pengamatan, harapannya antisipasi terhadap adanya hama akan lebih cepat dilakukan sehingga dapat mengurangi penggunaan pestisida kimia.

SL juga diisi dengan praktek pembuatan biosaka. Biosaka berbahan daun dan tanaman yang sehat ini akan menyumbangkan zat elisitor bagi tanaman. Harapannya tanaman yang mendapatkan biosaka akan tumbuh dengan baik serta memberikan produktivitas yang maksimal. (BPP WONOSALAM)

Bagikan