Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganPerkebunan

Pelatihan PHT, Poktan Margo Kamulyan Desa Tlogoweru Kec. Guntur Melakukan Pengamatan Tanaman Tembakau Umur 35 HST

Selasa, 18 Juli 2023 Bidang Perkebunan Dinpertan Pangan menyelenggarakan Pelatihan PHT Tembakau di Poktan Margo Kamulyan Desa Tlogoweru Kecamatan Guntur. Pada pertemuan kedua ini, para peserta pelatihan melakukan pengamatan tanaman tembakau umur 35 HST.

Didampingi POPT, Budi Santosa, S.P., 20 peserta mengamati keadaan tanaman tembakau, meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, panjang dan lebar daun, serta keberadaan hama-penyakit dan musuh alami.

Pada pengamatan yang dimulai pukul 07.30 itu, ditemukan beberapa tanaman yang terkena penyakit kuning. Penyakit ini ditandai dengan kenampakan daun tembakau yang keriting dan berwarna kekuningan. Dijelaskan oleh Budi Santosa, S.P., bahwa kemungkinan virus ini tertular oleh vektor kutu kebul yang berasal dari tanaman sayuran di sebelahnya.

Penyakit ini tidak mudah untuk diatasi. Namun untuk mengendalikan tanaman lain supaya tetap sehat, POPT merekomendasikan untuk mengaplikasikan Biosaka. Biosaka dapat bermanfaat untuk melindungi tanaman dari serangan hama dan penyakit, mampu menekan penggunaan pupuk kimia.

(Bidang Perkebunan)

Bagikan