Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganPerkebunan

Penggunaan Hand Sprayer dan Pengaplikasian Agensia Pengendali Hayati

Dalam rangka pengawalan terhadap pertanaman Tembakau, BPTPHP memfasilitasi gerakan pengendalian OPT di Poktan Tani Makmur, Desa Sukorejo, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak, pada hari Rabu, tanggal 09 Agustus 2023 diikuti oleh 20 peserta. Pada pertemuan ke-2 Gerdal kali ini menggunakan bahan pengendali ramah lingkungan, yaitu dengan menggunakan Agens Pengendali Hayati berupa Trichoderma sp. dan Beauveria bassiana serta PGPR (bakteri perakaran).


Kegiatan ini merupakan upaya preventif terhadap serangan penyakit Layu Fusarium dengan cara aplikasi Trichoderma pada sekitar perakaran. Selain itu juga dilakukan aplikasi Beauveria bassiana dengan cara disemprotkan pada bagian daun/tajuk tanaman dengan tujuan untuk pengendalian hama Thrips, tungau dan kutu kebul.


Trichoderma dan Beauveria bassiana yang diaplikasikan pada gerdal tersebut merupakan Agen Pengendali Hayati (APH) hasil perbanyakan massal di LPHP Salatiga setelah melewati uji mutu yang dipersyaratkan. Dengan terlaksananya gerdal OPT Tembakau di Kelompok Tani diharapkan petani termotivasi untuk melakukan pengendalian OPT secara ramah lingkungan, sehingga dihasilkan produk yang aman konsumsi dan aman bagi keberlanjutan lingkungan pertanian.

(Bidang Perkebunan)

Bagikan