Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganPerkebunan

Gerakan Pengendalian OPT Tembakau KT Kalining Sejati Desa Kalitengah Kecamatan Mranggen

Rabu, 9 Agustus 2023 Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah Bekerjasama dengan Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak menyelenggarakan kegiatan gerakan pengendalian OPT Tanaman Tembakau di Kelompok Tani Kalining Sejati Desa Kalitengah Kecamatan Mranggen. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung perlindungan tanaman tembakau berbasis ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah dalam kegiatan ini memberikan bantuan kepada kelompok tani Kalining Sejati berupa 11 unit hand sprayer, jamur Trichoderma sp. dan Beauveria bassiana dalam 2 varian, yakni cair dan bubuk. Bantuan tersebut akan digunakan untuk praktik penyemprotan pada tanaman tembakau.

Trichoderma sp. merupakan jenis jamur yang memimiliki sifat antagonis bagi jamur lainnya, sehingga jamur ini bisa dimanfaatkan sebagai anti jamur (melawan jamur dengan jamur). Adapun Beauveria bassiana sebagai biopestisida bersifat selektif terhadap serangga sasaran sehingga tidak membahayakan serangga lain yang bukan sasaran, seperti predator, parasitoid, serangga penyerbuk, dan musuh alami lainnya. (Bidang Perkebunan)

Bagikan