Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganSayung

Monitoring Tanaman Jagung ,Upaya Peningkatan Produksi Jagung di Kecamatan Sayung

Sayung – Dilaksanakannya monitoring perkembangan tanaman jagung hibrida. Monitoring dilakukan di Kelompok Budi Utomo Desa Prampelan Kecamatan Sayung ,pada kegiatan ini di hadiri Koordinator BPP Sayung dan PPL Kecamatan Sayung dan Ketua Kelompok Tani  Budi Utomo dan anggota kelompok tani (12/02/2024).

Monitoring dilakukan secara berkala dengan tujuan untuk meninjau tanaman agar mengetahui kondisi tanaman. Lalu untuk mengidentifikasi mengenai permasalahan tanaman seperti hama, rumput liar dan pemberian pupuk. Di Desa Prampelan, penggunaan lahan jagung di tumpang sari dengan tanaman padi . Hal tersebut merupakan hal yang bagus karena dapat memanfaatkan lahan. Kegiatan monitoring bertujuan untuk mengecek perkembangan jagung hibrida, yang dimana Kelompok Budi Utomo ini merupakan salah satu kelompok yang mendapatkan Bantuan Benih Jagung Hibrida varietas NK 212 dengan Sumber dana APBN Tahun 2023.

Pengecekan atau Monitoring Tanaman Jagung ini akan terus dilakukan sampai panen jagung dan dilakukan ke semua kelompok sekecamatan Sayung yang mendapatkan bantuan benih jagung hibrida. Pada perkembanganya tanaman jagung terlihat subur tetapi  adanya sedikit serangan hama penggerek tongkol. Adapun  pengendalian yang telah dilakukan dengan tricoderma sp. Petani di Kelompok Budi Utomo mendapatkanya dengan dari BPTPH Provinsi Jawa Tengah melalui petugas POPT Kecamatan Sayung. Disamping itu ppl wilayah binaan juga menegaskan, jika perawatan khusus terhadap tanaman jagung perlu dilakukan, agar jagung bisa tumbuh optimal walaupun kondisinya sudah cukup subur dan yang perlu diwaspadai tentang pengendalian gulma, yaitu rumput liar pengganggu yang tumbuh di kanan kiri tanaman jagung.

Dengan adanya sinergitas antara petugas penyuluh pertanian, POPT dan kelompok tani diharapkan dapat meningkatkan produksi jagung yang ada di Kecamatan sayung.

Sumber: BPP Kec. Sayung

Bagikan