Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganMijen

PRAKTIK PENERAPAN PENYEMAIAN BAWANG MERAH TSS MENGGUNAKAN TEKNOLOGI MOF

Mijen – Kabid TPH Heri Wuryanta, STP, MP. beserta rombongannya, Ani Mulyani selaku Kabid Hortik Distanbun Jateng beserta jajarannya, Aryana Citra Kusumasari perwakilan BPPSIP Jateng beserta jajarannya, Korluh BPP Kec. Mijen Aji Riyanto, S.Pt. beserta PPL Kec. Mijen dan Poktan Tani Jaya desa Pasir Kec. Mijen melaksanakan Praktik Penerapan Penyemaian Bawang Merah TSS menggunakan Teknologi MOF bertempat di BPP Kec. Mijen Kab. Demak Prov. Jawa Tengah, Kamis (07/03/2024).

Semai bawang merah dari biji menggunakan alat yang dinamai MOF (Modified of Farmers). Alat berbentuk segi panjang seperti nampan dengan kaca yang diberi lubang. Lubang tersebut menyesuaikan ukuran papan media tanam.

Teknologi MOF (Modified of Famers) pertama kali di perkenalkan oleh Petani bernama Supriyono Desa Karanganyar Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah.

Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah memperkenalkan penyemaian Teknologi MOF bawang merah dengan biji (TSS) kepada Poktan Tani Jaya. Selain memiliki biaya produksi yang lebih rendah, metode ini juga menghasilkan produktivitas yang lebih tinggi.

Acara hari ini Sosialisasi Pengembangan Bawang merah TSS dan dilanjutkan dengan Praktik Penerapan Penyemaian Bawang Merah TSS menggunakan Teknologi MOF.

Aji Riyanto, S.Pt menjelaskan “Praktik semai bawang merah TSS dengan menggunakan Teknologi MOF ini sangat mudah diterapkan. Hanya dengan menabur biji lalu diayak, maka biji bawang merah sudah bisa masuk ke media tanam dengan tepat. Alat ini juga memudahkan petani saat mereka hendak melakukan penyemaian”.

Sumber: BPP Kec. Mijen

Bagikan