Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan PanganWonosalam

UBINAN KACANG HIJAU POKTAN TRISNO TANI DESA TRENGGULI

Senin (9/9/2024) PPL BPP Wonosalam melaksanakan ubinan kacang hijau di hamparan poktan Trisno Tani Desa Trengguli. Kegiatan ini mengambil titik di lokasi lahan milik Sumber Sukari (62 th) dengan luas lahan 3.500 m2. Varietas benih yang ditanam adalah Vima-1. Varietas Vima-1 ini memiliki potensi hasil 1,76 ton/ha dengan rata-rata 1,38 ton/ha. Pak Sumber mengatakan tanam kacang hijaunya ini menggunakan aplikasi pupuk cair nitrobakter dan pupuk cair ramuan sendiri berbahan air kelapa, madu, telur dan susu. Ia menambahkan, bahwa benihnya juga berlabel.

Ubinan diawali dengan mengambil titik di sumbu x dan y yang ditentukan menggunakan langkah. Kemudian mengambil petak seluas 2,5 x 2,5 m pada titik tersebut. Pemanenan kacang hijau dilakukan secara manual. Kemudian setelah kering dan dibuang kulitnya kacang hijau ditimbang. Hasil ubinan didapatkan 1,3 kg atau setara dengan produktivitas 2 ton/ha.

Penggunaan benih varietas unggul dan berlabel, aplikasi nitrobakter serta pupuk cair adalah kunci budidaya yang lebih baik. Ditambah dengan pemanfaatan alsintan, yaitu panen menggunakan combine harvester yang dikelola UPJA Petani Hebat desa Trengguli, serta merta akan memberi dukungan pada peningkatan pendapatan petani.


Sumber: Deni Hestina, S.Pt/PPL Wonosalam

Bagikan