Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

ARTIKELKementerian PertanianKetahanan Pangan

Tampil Beda, Pasta Makaroni dari Ubi Ungu

Jika pasta biasanya dibuat dari gandum atau olahan tepung terigu, kini bahan pangan lokal seperti ubi ungu pun potensial dibuat menjadi pasta makaroni. Menarik bukan?.

“Makaroni ubi jalar ungu adalah produk yang diformulasikan dengan tepung kacang hijau dan pati kasava. Kita bisa buat makaroni tanpa melalui proses penepungan ubi jalar ungu, untuk mencegah hilangnya warna ungu itu sendiri,” ungkap peneliti dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian (BB Pascapanen), Ira Mulyawanti.

Lantas bagaimana caranya dibuat menjadi makaroni?Ira menuturkan Ubi jalar ungu dibuburkan terlebih dahulu dengan dikukus dan dihancurkan. Bubur ubi jalar ungu kemudian dicampur pati kasava dan tepung kacang hijau, diaduk, dan diuleni hingga homogen.https://e6b2a205ac56a1cb5039d7f0492a69c2.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-37/html/container.html

Adonan kemudian dikukus selama 5 menit, dan dilanjutkan dengan pengadukan selama 2 menit. Adonan kemudian dicetak seperti Makaroni. Kemudian  dikeringkan dalam pengering tipe rak pada suhu 50⁰C selama 10 jam. Ekstrusi dingin pada suhu 40 C dan pengeringan pada suhu rendah.

Setelah jadi, makaroni kering ini bisa diolah seperti Makaroni biasanya, yaitu disajikan dengan merebus makaroni kering selama 3 menit. Makaroni dapat ditambahkan dengan bumbu atau saus sesuai selera untuk meningkatkan cita rasa.

“Makaroni tepung ubi ungu memiliki kadar protein lebih rendah dibandingkan makaroni terigu, tetapi karbohidrat dan serat makaroni tepung komposit lebih tinggi dibandingkan dengan makaroni terigu,” tutupnya.

Sumber: https://tabloidsinartani.com/detail//indeks/pangan/15610-Tampil-Beda-Pasta-Makaroni-dari-Ubi-Ungu

Bagikan