Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

ARTIKELKementerian Pertanian

Menetralkan Ph Tanah

Tanah adalah media alami yang diperlukan dalam kegiatan bercocok tanam. Pada setiap tanah memiliki kandungan unsur hara yang berbeda-beda. Banyak sedikitnya kandungan unsur hara pada tanah merupakan indikator tingkat kesuburan tanah tersebut. Kandungan unsur hara dan tingkat kesuburan tanah berperan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Dan tingkat kesuburan tanaman itu sendiri tergantung pada kemampuan tanaman dalam menyerap unsur hara yang tersedia dalam tanah. Faktor penting yang mempengaruhi proses peyerapan unsur hara oleh akar tanaman adalah derajat keasaman tanah (pH tanah).

pH tanah adalah tingkat keasaman atau kebasa-an suatu benda yang diukur dengan skala pH antara 0 hingga 14. Suatu benda dikatakan bersifat asam jika angka skala pH kurang dari 7 dan disebut basa jika skala pH lebih dari 7. Jika skala pH adalah 7 maka benda tersebut bersifat netral, tidak asam maupun basa. Kondisi tanah yang paling ideal untuk tumbuh dan berkembangnya tanaman adalah tanah yang bersifat netral. Namun demikian beberapa jenis tanaman masih toleran terhadap tanah dengan pH yang sedikit asam, yaitu tanah yang ber pH maksimal 5.

Untuk menetralisir kadar pH yang bersifat basa pada tanah tidak semudah mengubah pH asam. Salah satu cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan menambahkan belerang. Menetralkan pH basa pada tanah dilakukan dengan pemberian sulfur atau belerang. Pemberian belerang bisa dalam bentuk bubuk belerang atau bubuk sulfur yang mengandung belerang hampir 100% . Pemberian pupuk yang mengandung belerang kurang efektif jika digunakan untuk menurunkan pH. Pemberian bahan organik/pupuk organik juga bisa membantu menormalkan pH tanah baik dari basa ke netral maupun dari asam ke netral. Atau setidaknya mendekati netral. Akan tetapi perlu diingat bahwa proses penetralan pH tersebut sifatnya tidak mudah, bila cara yang dilakukan bersifat instan maka hasilnya pun biasanya tidak lama. Bila meinginginkan hasil yang cukup lama maka perlu cara yang butuh proses.

Pemberian pupuk kimia ZA ( Amonium Sulfate ) juga bisa untuk menetralkan PH Tanah. Karena di dalam kandungan pupuk kimia ZA terdapat kandungan pupuk belerang sebanyak 23,8% dan hara Nitrogen. Pemberian Petrocas salah satu produk dari PT. Petrokimia Gresik. Kandungan dalam Petrocas Kadar Sulfat Dihidrat (CaSO4.2H2O) : 86% ; Kadar Kalsium Oksida (CaO) : 30% ; Kadar Sulfur Trioksida (SO3):42%.

Kegunaan Petrocas adalah

  • Menyediakan unsur hara Ca dan S bagi tanaman
  • Memperbaiki sifat fisik dan kimia tanah sampai ke lapisan bawah (subsoil)
  • Memperbaiki perakaran tanaman

Aplikasi Petrocas sebanyak 5 kw per ha, yang diaplikasikan saat olah tanah.

Sumber: http://cybex.pertanian.go.id/artikel/97997/menetralkan-ph-tanah/

Bagikan