Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

ARTIKELDinpertan Pangan

MODIFIKASI PANGAN LOKAL DENGAN PEMBUATAN GETALOR (NUGGET AYAM KELOR)

Kebiasaan konsumsi pangan lokal, maka senantiasa meningkatkan pendapatan petani dan otomatis akan meningkatkan imunitas petani dan membuat petani tersenyum. Belum lama ini harga ayam sempat turun drastis. Jika terjadi penurunan harga seperti itu, maka kita harus bisa menahan, jangan langsung dijual. Cara lain untuk mengendalikan penurunan harga yaitu dengan mengolah hasil. Dengan mengolah, maka nilai tambah dan keuntungan pasti lebih besar.

Nugget Ayam Kelor (Getalor) adalah salah satu inovasi di bidang olahan hasil ternak berupa hasil pengolahan daging ayam yang dicampur dengan daun kelor dan memiliki cita rasa tertentu.             Manfaat Getalor adalah: 1) sebagai produk olahan yang bernilai gizi sangat tinggi, 2) produk pangan yang memiliki daya tahan simpan yang panjang, 3) produk inovasi yang dapat membantu anak-anak yang tidak suka makan daging, 4) sebagai produk inovasi yang dapat memperkaya kuliner Indonesia.

Alat yang digunakan adalah pisau dan talenan, timbangan, panci, kompor, cobek, baskom, cetakan loyang, penjepit dan meat grinder. Bahan yang digunakan adalah daging ayam 1 kg, daun kelor 100-200 gram, tepung tapioka 300 gram, garam dapur 1 sendok teh, ketumbar 25 gram, merica halus 2 sendok makan, pala 15 gram, susu segar 250 ml, roti tawar 2 lembar.

Prosedur pembuatan getalor yaitu: 1) siapkan daging ayam sehat dan segar 1 kg, 2) cuci bersih menggunakan air mengalir, 3) iris daging untuk memudahkan proses penggilingan, 4) giling menggunakan meat grinder, 5) ulek sampai halus semua bumbu, 6) pisahkan daun kelor dengan tangkainya dan cuci menggunakan air bersih, 7) blender daun kelor sampai halus dengan ditambahkan 10 sedok makan air matang, 8) campurkan daun kelor yang sudah halus ke dalam adonan daging ayam giling, 9) tambahkan semua bumbu dan roti serta susu cair, 10) remas adonan sampai menyatu lalu dicetak di loyang, 11) kukus hingga matang, 12) potong nugget yang sudah dingin sesuai selera dan balur dengan tepung panir, 13) kemas dan simpan dalam freezer.

Getalor bermanfaat bagi pertumbuhan tubuh, kecerdasan otak, penambah tenaga dan melancarkan pencernaan. Daun kelor segar dan bubuk kelor memiliki perbedaan kandungan gizi. Kandungan gizi bubuk kelor lebih besar dibandingkan dengan daun kelor segar. Pemilihan ayam sebagai bahan baku nugget karena tekstur daging ayam yang lebih lembut daripada daging yang lain dan memiliki protein yang cukup besar. Daging yang digunakan untuk pembuatan Getalor ini adalah daging pada bagian dada karena lebih mudah dalam proses pemilihan dagingnya dan ukurannya yang besar.

Syaifuddin Anwar, Direktur Polbangtan Gowa: Di thailand, kelor adalah sayur yang paling mahal. Mahasiswa dari polbangtan gowa sudah membuat donat dari kelor dan enak rasanya. Kelor memiliki nilai protein yang tinggi sehingga tertarik untuk memadukan dengan daging ayam. Manfaatnya yaitu dapat meningkatkan imunitas, kecerdasan otak dan tulang. Berbagai penyakit bisa diobati dengan mengkonsumsi kelor. daun kelor yang digunakan merupakan daun kelor yang masih muda, berwarna hijau muda dan agak terang. Jika daun kelor yang sudah tua, mengandung tanin sehingga akan terasa pahit. Cara menghilangkan bau khas dari daun kelor dengan dikukus dalam waktu yang singkat, rasa khas dari kelor tidak akan terlalu terasa. Ketahanan produk Getalor ika sudah dalam bentuk nungget dan disimpan dalam suhu beku, maka bisa tahan selama 8 bulan. Produk getalor yang di pasarkan  online, bisa dipesan melalui instagram @outletBBPPKupang.Tepung yang digunakan untuk membuat etalor mengunakan tepung tepung tapioka karena lebih gurih, rendah gluten dan daya simpan menjadi lebih panjang. Daun kelor tidak berbahaya bila dikonsumsi, malah dapat mengobati penyakit termasuk ginjal, dan pembuatannya juga dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Maksimal bisa menggunakan daun kelor dengan dosis 100 gram saja dengan daun yang masih muda. Campuran getalor dengan wortel untuk sumbangan vitamin, pengolahannya dengan cara dicincang agar tampilannya lebih menarik. Getalor tempe dibuat dengan  diblender namun dikukus terlebih dahulu, naget lebih laris daripada nugget ayam kelor karena harganya lebih murah. Sumber Materi Ngobras Volume 21 dan sumber lain.

Sumber: http://cybex.pertanian.go.id/artikel/98836/modifikasi-pangan-lokal-dengan-pembuatan-getalor-nugget-ayam-kelor/

Bagikan