Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

ARTIKELDinpertan Pangan

Mengenal Tanaman Binahong dan Manfaatnya

Binahong merupakan tanaman daun merambat, biinahong atau yang dikenal dengan nama latin Anredera cordifol adalah salah satu jenis tanaman obat yang berasal dari daratan China. Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal dengan nama dheng san chi. Sementara di, penyebutan binahong secara internasional ialah heartleaf madeiravine. Semenjak ribuan tahun lalu, daun binahong dikenal menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan yang sayang jika dilewatkan. Hal ini dikarenakan daun binahong memiliki beragam kandungan senyawa alami yang telah dimanfaatkan dari generasi ke generasi sebagai pengobatan tradisional di Korea, Taiwan, dan juga Tiongkok.

Manfaat daun binahong ini juga tak perlu dipertanyakan lagi. Tanaman dengan nama ilmiah Anredera cordifolia tersebut adalah salah satu jenis herbal yang memiliki khasiat tinggi untuk mengobati sejumlah masalah kesehatan kronis. Tak berhenti sampai di situ, hampir semua bagian dari tumbuhan binahong dapat dimanfaatkan sebagai media terapi herbal. Secara umum, madeira vine atau daun binahong ini mempunyai khasiat sebagai antioksidan, anti nyeri, antibakteri, hingga antiinflamasi yang krusial untuk menjaga kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat daun binahong yang menyehatkan dan tak boleh dilewatkan? Daun binahong biasanya dikonsumsi sebagai minuman herbal untuk tujuan kesehatan. Selain itu, bisa juga ditumis layaknya sayuran daun seperti kangkung maupun bayam.

Tanaman Binahong yang sejak dulu dikenal oleh masyarakat sebagai tanaman obat memang belum termanfaatkan secara maksimal, potensi tanaman binahong yang melimpah dengan semakin berkembangnya inovasi teknologi diera sekarang ini ternyata daun binahong selain untuk obat bisa diolah menjadi Cincau yang tak kalah nikmanya dengan cincau yang bias ada dipasaran.

Pembuatan daun Binahong menjadi cincau juga merupakan bentuk dari pemanfaatan yang efektif dan marketable karena hasil olahan tersebut memiliki rasa, ar oma yang khas, selain itu juga memiliki nilai keunggulan tersendiri yang mampu bersaing dengan produk cincau biasanya yang dijual dipasaran. Cincau daun Binahong yang memiliki rasa dan aroma yang khas dan sangat bermanfaat bagi kesehatan dapat dijadikan prospek untuk membentuk wirausaha baru ini, diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi daun binahong baik dari sisi ekologi maupun ekonomi.

Selanjutnya bagaiman cara membuat cincau dari daun binahong

Tahapan  pembuatan cincau  dari  daun Binahong sebagai berikut :Pembuatan ”BinBinCau” cincau dari daun Binahong:

  1. Alat dan Bahan yang diguanakan :
  • 20 lembar daun Binahong hijau
  • 600 ml air (sekitar 3 gelas)
  • Blender
  • Saringan
  • Wadah baskom untuk merendam
  • Wadah teko yang terdapat angka takaran air
  • Wadah cup plastik berukuran 60ml jumlah 10 buahb.
  1. Langkah Pembuatan cinacau daun binahong;
  • Bersihkan daun  cincau,  lalu  rendam  1-2  menit  dalam  air  hangat kukuh, angkat dan tiriskan.
  • Blender semua  daun  cincau  dengan  600  ml  air,  hingga  cairan berubah menjadi berlendir, lalu saring kedalam wadah teko
  • Segera tuangkan ke wadah cup dengan takaran 50ml
  • Biarkan selama 3 jam, atau masukkan ke dalam kulkasc.
  1. Packing:
  • Ambil cincau yang sudah jadi dari kulkas
  • Tutup cup dengan tutup yang sudah tersedia
  • Tempelkan stiker dengan nama produk BinBinCau
  • Simpan di lemari es kembali dan siap dipasarkan

Selanjutnya yang perlu diperhatikan mengenai efek samping konsumsi daun binahong yang berlebihan juga bisa memberikan efek samping yang justru akan mengganggu kesehatan.

Adapun beberapa efek samping yang ditimbulkan jika Anda mengonsumsi obat herbal binahong berlebihan adalah:

Sakit perut

Menyebabkan mual

Muntah-muntah
Bisa terjadi alergi

Jantung berdebar-debar

Pusing hingga kliyengan

Untuk itu ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat mengonsumsi obat herbal daun binahong ini, antara lainnya yaitu:

Tidak mengonsumsi secara berlebihan

Stop konsumsi jika memiliki riwayat alergi pada daun binahong Ibu hamil dan menyusui dilarang mengonsumsi daun binahong. Jangan memberikan daun herbal kepada anak-anak yang masih di bawah umur.

Sumber: http://cybex.pertanian.go.id/artikel/101143/mengenal-tanaman-binahong-dan-manfaatnya-/

Bagikan