Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

BERITADinpertan Pangan

Mengupayakan Nilai Tambah Jagung Dengan Pengolahan

Jagung merupakan salah satu tanaman serealia penting di Indonesia, selain  sebagai tanaman bahan pangan pokok pengganti beras dalam upaya diversifikasi pangan, jagung juga merupakan pakan ternak.

Dewasa ini jagung tidak hanya digunakan untuk bahan pangan tetapi juga untuk pakan. Dalam beberapa tahun terakhir proposi penggunaan jagung oleh industri pakan telah mencapai 50% dari total kebutuhan nasional. Dalam 20 tahun ke depan, penggunaan jagung untuk pakan diperkirakan terus meningkat dan bahkan setelah tahun 2020 lebih dari 60% dari total kebutuhan nasional.

Upaya peningkatan produksi jagung di dalam negeri dapat ditempuh melalui perluasan areal tanam dan peningkatan produktivitas. Perluasan areal dapat diarahkan pada lahan-lahan potensial seperti lahan sawah irigasi, lahan sawah tadah hujan, dan lahan kering yang belum dimanfaatkan untuk pertanian.

Selain melalui perluasan areal tanam dan peningkatan produktivitas, upaya pengembangan jagung juga memerlukan peningkatan efisiensi produksi, penguatan kelembagaan petani, peningkatan kualitas produk, peningkatan nilai tambah, perbaikan akses pasar, pengembangan unit usaha bersama, perbaikan sistem per-modalan, pengembangan infrastruktur, serta pengaturan tata niaga dan insentif usaha. Dalam kaitan ini diperlukan berbagai dukungan, termasuk dukungan kebijakan pemerintah.

Dari aspek teknis, teknologi yang diperlukan untuk mendukung pengembangan jagung antara lain adalah varietas hibrida dan komposit yang lebih unggul (termasuk penggunaan bioteknologi), diantaranya memiliki sifat toleran kemasaman tanah dan kekeringan, teknologi produksi benih sumber dan sistem perbenihannya, teknologi budidaya yang efisien dengan pendekatan pengelolaan tanaman terpadu, dan teknologi pascapanen untuk meningkatkan kualitas dan nilai tambah produk.

Jagung dapat ditingkatkan nilai tambahnya dan memiliki prospek yang baik untuk dipilih menjadi salah satu pilihan usaha yaitu pengolahan hasil jagung menjadi berbagai macam panganan.

Bahan olahan dari jagung memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia, sehingga olahan jagung ini digemari oleh masyarakat yang sudah sadar akan kesehatannya.

Produk olahan dari jagung menjadi peluang untuk dapat dijadikan suatu bisnis yang menjanjikan. Banyak olahan dari jagung yang merupakan hasil industri rumah tangga yang dalam proses pembuatannya tidak membutuhkan teknologi yang sulit. sehingga masih dapat dijangkau oleh petani atau masyarakat umum.

Manfaat dari jagung : kaya serat, mengatur kolestrol, memperbaiki pencernaan, asam folat; untuk kesehatan mata, untuk jantung sehat, sumber energi, mengandung banyak mineral, mengatasi anemia, makanan bagi penderita diabetes, anti-kanker, untuk kecantikan kulit.

Cara membuat tepung jagung

1)Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah memilih jagung. Pastikan jagung yang dipilih adalah jagung yang sudah tua. 2)Jika sudah memilih jagung yang sudah tua, jemurlah tongkolnya pada terik matahari langsung. Jemur jagung hingga benar-benar kering.3). Bila jagung sudah kering, anda dapat melepaskan biji jagungnya, jika kesulitan anda dapat menggunakan mesin pemipil jagung untuk mempercepat prosesnya.4). Blender biji jagung hingga halus.5). Pada saat memblender biji jagung, pastilah didapatkan hasil yang halus dan kasar. Anda dapat memisahkan bagian tepung yang halus dan yang kasar menggunakan saringan. Ambilah tepung yang kasar kemudian blender kembali hingga halus.6). Jika tepung yang dihasilkan terasa lembab, jemurlah kembali.7). Tepungpun siap digunakan untuk berbagai olahan.

Olahan Makanan Dari Tepung Jagung

Olahan makanan yang dibuat dari tepung jagung bermacam-macam, Berikut adalah ide olahan makanan berbahan jagung, dari lauk pauk, sup, sampai camilan.Perkedel jagung. Makanan khas Manado ini sangat mudah dibuat, hanya butuh jagung pipil, tepung terigu, dan daun bawang. 2. Sup jagung,Salsa, Bubur jagung, Martabak manis,Jasuke,Puding jagung, nasi jagung, krupuk jagung, donat, klepon, bolu, nogosari, kue semprit.dan sebagainya, banyak di menu menu masakan.Yang pertama adalah makanan berupa nasi jagung. Untuk membuatnyadapat dibuat, anda hanya perlu mencampurkan tepung jagung dengan larutan bumbu sampai rata. Kemudian anda dapat mengkukus adonan selama kurang lebih 30 menit.Selanjutnya, tepung jagung dapat dibuat manjadi kerupuk jagung. Ternyata jagung bisa dibuat menjadi kerupuk. Untuk cara membuatnya, pertama-tama anda dapat membuat nasi jagung terlebih dahulu, giling dalam penggilingan mie, potong-potong dengan ukuran sesuai selera, keringkan, selama dua hari. Jadilah kerupuk jagung yang siap digoreng dengan minyak!

Donat

Bahan:200 gr terigu protein sedang- 75 gr maizena- 50 gr gula halus- 3 kuning lur- ragi instan- 1 sachet susu bubuk instan- 100 ml air es- 25 gr margarin- 1/4 sdt garam
Cara membuat:

Campur seluruh bahan, uleni sampai kalis.2. Bulatkan adonan, tutup dengan enggunakan serbet setengah basah, diamkan 20 menit.3. Kemudian bagi adonan menjadi kecil-kecil @50 gr.4. Tutup lagi dengan serbet, diamkan 20 menit.5. Lalu anaskan minyak goreng di wajan dengan api kecil.6. Lubangi donat, enggunakan tutup botol. Goreng donat sampai matang dengan api kecil.7. Angkat, tiriskan. Beri topping, hidangkan.

Klepon

Bahan: 500 gr tepung maizena- 1 mangkuk potongan gula merah- 1 mangkuk kelapa agak muda, parut dan kukus- 2 tetes pasta pandan- air secukupnya
Cara membuat:1. Siapkan bahan, masukkan tepung maizena dalam askom beri air sedikit demi sedikit sambil di uleni.2. Tambahkan pasta, uleni sampai warna merata kemudian isi dengan gula merah yang sudah ipotong-potong kecil.3. Didihkan air kemudian masukkan klepon, unggu klepon mengapung tandanya sudah bisa diangkat. Tiriskan.4. Taburkan kelapa parut kukus pada lengser kemudian gulingkan klepon padakelapa parut. Klepon siap untuk dihidangkan.

Pengolahan makanan yang terbuat dari tepung jagung sangat banyak variasinya. Tulisan di di atas hanya sebagai contoh saja. Semoga gambaran ini bisa memotivasi para penyuluh dalam mendampingi para petani binaannya untuk berkreasi dalam membuat makanan olahan dari jagung, sehingga akan membantu program diversifikasi pakan local, sekaligus membantu ketahanan pangan bangsa kita. Selain itu petani binaan juga akan dapat memperoleh nilai tambah dari hasil panennya. Selamat mencoba.

Sumber: http://cybex.pertanian.go.id/artikel/101148/mengupayakan-nilai-tambah-jagung-dengan-pengolahan-/

Bagikan