Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

ARTIKELKementerian PertanianPeternakan dan Kesehatan Hewan

TINGKATKAN IMUN BAGI KESEHATAN TUBUH DENGAN SUSU KAMBING ETAWA

Susu kambing jauh lebih mirip dalam kualitas untuk ASI dibandingkan dengan susu sapi dan merupakan kelompok makanan yang bersifat seperti obat atau memiliki khasiat lebih dari sekedar susu lainnya.

Ini hanya beberapa alasan mengapa susu kambing baik dan mengapa harus memasukkan susu kambing dan produk susu kambing dalam diet.

Manfaat susu kambing etawa diketahui bisa mengobati gangguan pernafasan,  bahkan lebih dari itu, susu ini juga memberikan banyak dampak baik bagi kesehatan. Susu kambing etawa yaitu susu yang diambil dari kambing hasil persilangan kambing Jamnapari asal India dan kambing lokal Indonesia. Kambing etawa sangat dikenal di kalangan masyarakat,  dan sektor dunia peternakan juga mengakui kualitas serta manfaat dari susu kambing ini. Karena itu harga kambing etawa sedikit lebih mahal dari kambing biasa, yang ditetapkan dalam rentang harga 4-6 juta rupiah per ekor,  dengan harganya yang sebanding dengan khasiat yang bisa diberikan oleh kambing ini.

Manfaat Susu Kambing Etawa bagi Kesehatan Tubuh

  1. Membantu pembentukan janin dan melancarkan ASI, susu kambing etawa merupakan asupan yang tepat untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Kandungan kalsium susu kambing etawa 6 (enam)  kali lebih tinggi dari susu sapi biasa. Kalsium berperan penting pada pertumbuhan tulang janin, khususnya saat memasuki usia kehamilan trimester 3 (tiga). Sama halnya untuk ibu menyusui; susu kambing merupakan  nutrisi yang tepat untuk melancarkan ASI.
  2. Meningkatkan kecerdasan anak, selain tinggi kalsium, susu kambing etawa juga tinggi akan kandungan vitamin B2 dan vitamin B3 yang baik untuk pertumbuhan sel saraf dan otak. Kandungan vitamin tersebut sangat baik untuk masa pertumbuhan anak karena bisa meningkatkan daya ingat serta kecerdasan anak. Tak hanya untuk anak-anak, kandungan vitamin dalam susu ini juga berdampak bagi terhadap pertumbuhan otak janin.
  3. Baik untuk kesehatan saraf, susu ini sangat baik diminum dalam keadaan hangat, sebab bisa memberikan efek menenangkan pada tubuh. Efek menenangkan ini bisa meredakan rasa penat tubuh dan pikiran yang sedang stres. Kandungan zinc dan magnesium dalam susu ini baik untuk menjaga kondisi saraf, apalagi saraf pusat yang bertanggung jawab untuk merespon stres.
  4. Menjaga fungsi jantung, Kalium yang terkandung dalam susu kambing bisa menormalkan tensi darah, dan juga melancarkan sirkulasi darah. Dua hal tersebut berperan penting dalam kesehatan jantung.  Saat keduanya terjaga, masalah gangguan fungsi jantung bisa diminimalisir. Konsumsi susu ini sangat baik diimbangi dengan gaya hidup sehat.
  5. Mengobati gangguan pernapasan, manfaat yang paling dikenal dari susu ini adalah dampak baiknya terhadap sistem pernapasan.
  6. Dunia pengobatan alternatif menganjurkan konsumsi rutin susu kambing etawa untuk mencegah serta mengobati gangguan pernapasan. Bahkan bisa mengobati penyakit sekelas tuberkulosis (TBC), asma, hinga flek paru-paru. Ini berkat kandungan flourin dan betakasein yang terdapat dalam susu ini.
  7. Menyehatkan kesehatan lambung, kebanyakan susu tidak baik bagi para penderita asam lambung, kecuali susu tersebut rendah lemak. Susu kambing etawa memiliki kandungan alkali yang aman bagi penderita asam lambung dan sekaligus mencegah maag.
  8. Membantu diet, mengingat susu ini baik untuk sistem pencernaan, susu ini bisa dimasukkan dalam program diet. Kandungan lemak serta proteinnya sangat mudah dicerna oleh lambung dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.
  9. Mencegah dan mengobati diabetes, kandungan A2-betakasein serta asam amino esensial dalam susu ini bisa membantu produksi insulin. Ini sangat bermanfaat bagi para penderita diabetes yang mana tubuh kesusahan atau bahkan tidak bisa memproduksi insulin sendiri.
  10. Meningkatkan antibody, Fluorin tidak hanya mengatasi masalah pernapasan, tapi juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan fluorin pada susu kambing etawa bisa mencapai 10 kali lebih besar dari susu sapi biasa.
  11. Merawat kecantikan, tak hanya untuk kesehatan tubuh, manfaat susu kambing etawa juga membantu menjaga kecantikan tubuh. Inilah kenapa banyak produk kecantikan yang menggunakan susu ini sebagai bahan dasar pembuatannya. Susu ini bisa menyehatkan kulit dan membantu kulit beregenerasi dengan baik.
  12. Menjaga kesehatan tulang, susu sapi bukanlah satu-satunya susu yang tinggi akan kandungan kalsium, susu kambing etawa pun juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Kandungan kalsium dalam susu kambing etawa dapat memenuhi 33% angka kebutuhan gizi harian, sedangkan susu sapi hanya 28%.
  13. Melawan peradangan, menurut sebuah penelitian, susu kambing dan keledai bisa direkomendasikan untuk melawan peradangan dan alergi. Hal ini karena kandungan mikrobiota dalam susu kambing bisa menormalisasi mikrobiota dalam usus manusia sekaligus memicu respon imun untuk melawan peradangan.

Demikian informasi tentang manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan tubuh.

Sumber: http://cybex.pertanian.go.id/artikel/96854/tingkatkan-imun–bagi-kesehatan-tubuh-dengan–susu-kambing-etawa/

Bagikan