Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

ARTIKELKementerian Pertanian

MENENTUKAN LOKASI KANDANG SAPI LIMOUSIN

Perkandangan merupakan salah satu aspek utama dalam peternakan. Itulah sebabnya, pembangunan kandang harus memperhatikan fungsinya sebagai tempat berlindung dari bahaya dan cuaca ekstrem. Selain itu, kandang juga berguna untuk prasarana reproduksi, produksi, dan beraktivitas bagi ternak

Tujuan pemeliharaan sapi juga mesti dijadikan dasar pertimbangan dalam mendirikan kandang. Jika pemeliharaan ditujukan untuk ternak sapi perah harus memilih lokasi berhawa sejuk hingga dingin untuk perkandangan. Sebaliknya, peternakan sapi potong, tidak mutlak bertempat di dataran tinggi bisa beternak di dataran rendah.

Kemudian, dari segi kondisi perkandangan, antara peternakan sapi potong dan perah pun berbeda. Kalau untuk sapi perah, di kandang harus selalu tersedia air. Sementara itu, kandang sapi potong cenderung kering atau bebas lembap.

Pemilihan lokasi yang sesuai dapat mempengaruhi jalannya usaha. Sehingga lokasi usaha perlu disesuaikan dengan jenis dan pengembangan usaha nantinya. Misalnya, usaha pembibitan dan pembesaran membutuhkan lokasi yang berbeda. Itu sebabnya perlu mencari lokasi yang sesuai untuk kandang sapi limousin. Berikut ini beberapa kriteria lokasi kandang sapi limousin yang baik.

Dekat dengan sumber pakan alami

Lokasi yang dipilih sebaiknya berada dekat dengan sumber pakan alami, seperti persawahan, perladangan, atau perkebunan. Lokasi yang berada di dekat sumber pakan dapat memudahkan untuk mengefisiensikan biaya pakan karena pakan dapat memanfaatkan limbah dari sawah, ladang, dan kebun. Bahan pakan yang berasal dari limbah pertanian atau perkebunan yang sering digunakan adalah jerami dan dedak.

Lahan terbuka

Membangun kandang peternakan dengan model ranch atau gembalaan, lahan yang dipilih harus cukup luas. Pasalnya, lahan tersebut diperlukan untuk menggembalakan ternak dan menjadi tempat pemasok pakan untuk ternak.

Memanfaatkan pepohonan

Pembangunan kandang sebaiknya jangan merusak pohon di lokasi tersebut. Pohon tersebut dapat berguna untuk memecah angin sehingga kandang tidak diterpa secara langsung oleh angin yang terlalu kencang.

Selain pemecah angin, pohon di sekitar peternakan juga dapat berfungsi sebagai pembatas dan penyaring bau, debu, serta kebisingan yang dapat menyebabkan ternak stres.

Tanah landai

Lokasi untuk peternakan sapi limousin harus memiliki permukaan yang landai agar memudahkan pekerja ketika membangun kandang dan keluar masuk kendaraan yang mengangkut keperluan peternakan dari kandang.

Jauh dari perumahan, industri, dan pertambangan

Lokasi peternakan yang paling ideal berada jauh dari perumahan, industri, dan pertambangan. Kandang ternak yang terlalu dekat dengan perumahan dapat menyebabkan warga sekitar terganggu dengan bau dan limbah kandang. Namun, jika terpaksa membangun kandang dekat perumahan, bangunlah tembok setinggi 3 m sebagai peredam angin agar warga sekitar tidak menghirup aroma yang kurang sedap dari kandang.

Mudah diakses dari jalan besar

Kandang yang mudah diakses dari jalan besar dapat membantu proses produksi untuk mengangkut kebutuhan operasional produksi serta hasil masuk dan keluar perusahaan.

Berikut keunggulan sapi limosin, yaitu :

  1. Sapi limousin mempunyai pertumbuhan yang lebih cepat dibanding dengan jenis sapi yang lain sehingga sapi ini sangat cocok untuk di jadikan sebagai usaha budidaya.
  2. Ukuran berat badannya lebih dari jenis sapi lain sehingga mempunyai daging yang lebih banyak.
  3. Sapi ini  mempunyai daging dengan kualitas yang baik dan cocok untuk dijadikan makanan konsumsi
  4. Waktu untuk penggemukan sapi limousin lebih pendek dan cepat
  5. Sapi limosin lebih tahan terhadap penyakit yang biasa menyerang sapi terutama penyakit antraks.

Perawatan Sapi Limosin harus diutamakan

  1. Sapi limosin memang terkenal kebal penyakit. Meski demikian anda harus melakukan perawatan agar tidak merogoh kocek dalam saat terjadi sapi sakit.
  2. Untuk perawatan anda bisa memberikan sapi limosin obat cacing, antibiotik, maupun vaksin. Usahakan agar selalu membersihkan kotoran di kandang sapi setiap hari, ini untuk menjaga kesehatan sapi dan juga agar sapi tidak mengalami stress. Anda juga bisa rutin memotong kuku sapi, karena pada kondisi tertentu kuku sapi yang terlalu panjang akan membuat sapi tidak nyaman dan membuat kakinya sakit.
  3. Jika anda ingin menggembalakannya sebaiknya sapi di ikat di tiang atau tempat tambatan, serta pilihlah tempat yang lapang dan rumput tumbuh subur untuk makan sapi limosin anda. Mandikan juga sapi 3 kali sehari untuk menjaga kebersihan dan kesehatan sapi limosin. (Suwarna-Pusluhtan)

Sumber: http://cybex.pertanian.go.id/artikel/97820/menentukan-lokasi-kandang-sapi-limousin/

Bagikan