Jl. Sultan Hadiwijaya No.08 Demak (0291)685013 dinpertanpangan@demakkab.go.id

ARTIKELDinpertan Pangan

MENGENAL UMBI GANYONG

Ganyong merupakan tanaman jenis umbi-umbian yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan dan bahan baku industri  Umbi ganyong dapat menjadi sumber pangan alternatif karena kandungan pati (karbohidrat) yang tinggi. Umbi ini juga kaya dengan protein, kalori, lemak, vitamin C, vitamin B1, fosfor, kalsium dan zat besi.

Di Indonesia dikenal dua kultivar atau varietas ganyong, yaitu ganyong merah dan ganyong putih. Ganyong merah ditandai dengan warna batang, daun dan pelepahnya yang berwarna merah atau ungu, sedang yang warna batang, daun dan pelepahnya hijau dan sisik umbinya kecoklatan disebut dengan ganyong putih.

Ganyong Merah
Batang lebih besar, Agak tahan kena sinar dan tahan kekeringan,  sulit menghasilkan biji, hasil umbi basah lebih besar tapi kadar patinya rendah dan umbi lazim dimakan segar (direbus)

Ganyong Putih
Lebih kecil dan pendek, kurang tahan kena sinar tetapi tahan kekeringan, selalu menghasilkan biji. bisa diperbanyak menjadi anakan tanaman,  hasil umbi basah lebih kecil, tapi kadar patinya tinggi

Morfologi

Bentuk tanaman ganyong adalah berumpun dan merupakan tanaman herba, semua bagian vegetatif yaitu batang, daun serta kelopak bunganya sedikit berlilin. Tanaman ini tetap hijau disepanjang hidupnya, di akhir hidupnya, dimana umbi telah cukup dewasa, daun dan batang mulai mengering. Keadaan seperti ini seakan-akan menunjukkan bahwa tanaman mati, padahal tidak. Karena bila hujan tiba maka rimpang atau umbi akan bertunas dan membentuk tanaman lagi. Tinggi tanaman ganyong antara 0.9 – 1,8 meter dan batang dapat mencapai 3 meter.

Daun
Tanaman ganyong daunnya lebar dengan bentuk elip memanjang dengan bagian pangkal dan ujungnya agak runcing. Panjang daun 15 – 60 sentimeter, sedangkan lebarnya 7 – 20 sentimeter. Di bagian tengahnya terdapat tulang daun yang tebal. Warna daun beragam dari hijau muda sampai hijau tua.  Kadang-kadang bergaris ungu atau keseluruhannya ungu. Demikian juga dengan pelepahnya ada yang berwarna ungu dan hijau.

Bunga
Ukuran bunga ganyong yang biasa diambil umbinya relatif lebih kecil bila dibandingkan dengan ganyong hias atau yang sering disebut dengan bunga kana.  Warna bunga ganyong ini adalah merah oranye dan pangkalnya kuning dengan benangsari tidak sempurna. Jumlah kelopak bunga ada 3 buah dan masing-masing panjangnya 5 sentimeter.


Buah
Tanaman ganyong juga berbuah, namun tidak sempurna dan berentuk.   Buah ini terdiri dari 3 ruangan yang berisi biji berwarna hitam sebanyak 5 biji per ruang.

Umbi
Tanaman ganyong berumbi besar dengan diameter antara 5 – 8,75 cm dan panjangnya 10 – 15 cm, bahkan bisa mencapai 60 cm, bagian tengahnya tebal dan dikelilingi berkas-berkas sisik yang berwarna ungu atau coklat dengan akar serabut tebal. Bentuk umbi beraneka ragam, begitu juga komposisi kimia dan kandungan gizinya. Perbedaan komposisi ini dipengaruhi oleh umur, varietas dan tempat tumbuh tanaman.

Manfaat Umbi Ganyong untuk Kesehatan Tubuh

Mengobati Luka Lambung

Kandungan polifenol dan flavanoida dalam ganyong berkhasiat untuk menyembuhkan luka lambung. Caranya tinggal makan saja bubur tepung umbi ganyong dengan air, gula merah dan sedikit garam yang dimasak.

Baik Untuk Pencernaan dan Usus

Kandungan pati dalam ganyong ternyata mudah dicerna oleh tubuh. Apalagi dengan kandungan kimianya membuat umbi ini ampuh melancarkan pencernaan dan kesehatan usus. Bubur ganyong juga baik untuk mengatasi diare dan gangguan perut.

Mendukung Pertumbuhan Balita

Manfaat umbi ganyong juga baik untuk mendukung tumbuh kembang bayi dan balita. Kandungan zat besi, fosfor dan kalsium yang tinggi dalam makanan ini sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak.

Menguatkan Tulang

Kandungan kalsium yang tinggi dalam ganyong berkhasiat memperbaiki dan menguatkan tulang. Makan rebusan atau bubur ganyong secara berkala sangat baik untuk menjauhkan dari gangguan tulang.

Mengatasi Radang Saluran Kencing

Manfaat umbi ganyong juga berkhasiat dalam mengatasi radang saluran kencing. Masak saja umbi ini dengan kumis kucing, akar alang-alang dan air secukupnya hingga mendidh lalu minum airnya selagi hangat.

Mengatasi Panas Dalam

Selain mengenyangkan umbi ganyong juga sangat berkhasiat untuk meredakan dan mengatasi gangguan panas dalam. Anda bisa merebus ganyong dan temulak dengan air hingga mendidih dan minum airnya.

Baik untuk Penderita Diabetes

Selain sebagai pengganti pangan, kandungan pati dalam ganyong juga tidak membuat kadar gula darah naik, sehingga makanan ini baik untuk pengganti nasi dan sumber karbohidrat bagi penderita diabetes.

Sumber Energi yang Baik

Manfaat umbi ganyong juga baik sebagai sumber energi tubuh karena kandungan protein dan karbohidrat atau pati yang tinggi. Makan bubur ganyong bisa membantu tumbuh kembang anak maupun membuat tubuh lebih segar.

Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang cukup tinggi dalam umbi sangat baik untuk mendukung program diet. Karena itu masukkan makanan ini dalam menu diet untuk mempercepat berat badan ideal Anda.

Efek Samping Umbi Ganyong

Selain manfaat umbi ganyong yang baik untuk kesehatan,  tetapi dapat memberikan dampak yang kurang baik untuk tubuh, karena adanya senyawa tanin dan saponin yang bersifat antinutrisi.

Sumber: http://cybex.pertanian.go.id/artikel/98261/mengenal-umbi-ganyong/

Bagikan